Distribusi Air Bersih Terhenti, Perumda Tirta Patriot Ungkap Pencemaran Limbah Kali Bekasi Sangat Parah

Distribusi Air Bersih Terhenti, Perumda Tirta Patriot Ungkap Pencemaran Limbah Kali Bekasi Sangat Parah

Kondisi aliran Kali Bekasi di bendungan Presdo Kota Bekasi-Tuahta Aldo-

Air Bersih, Bekasi - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Patriot menyatakan, pencemaran limbah kali bekasi saat ini sangat parah bila dibanding sebelumnya. 

Hal itu disampaikan langsung Direktur Utama Perumda Tirta Patriot Kota Bekasi, Ali Imam Faryadi, saat ditemui di area Kali Bekasi. 

Menurutnya limbah yang mencemari Kali Bekasi mempunyai karakter berbeda-beda, sehingga tidak dapat digunakan bahan baku air bersih bagi warga. 

"Jadi gini setiap limbah karakternya berbeda beda, limbah yang sebelum ini itu lebih cair," ungkap Ali Imam Faryadi saat dikutip, Rabu 20 September 2023. 

Sebelumnya guna memenuhi kebutuhan bahan air selama Kali Bekasi tercemar, Perumda Tirta Patriot sempat mencampur bahan baku dari aliran kalimalang. 

BACA JUGA:

Namun metode itu kini sudah tidak dapat digunakan, imbas limbah yang mencemari Kali Bekasi sangat parah dan tidak bisa menjadi bahan baku. 

"Dalam skema produksi kita dibantu 3 kubik dari sini (Kalimalang) yang terakhir 1 kubik dari nowo (Kali Bekasi) itu masih bisa ngolah, tapi limbah yang sekarang ini gak bisa," jelasnya. 

Diketahui distribusi air bersih dari Perumda Tirta Patriot kembali terhenti, usai aliran Kali Bekasi tercemar limbah.  

Berhentinya distribusi air bersih terjadi sejak hari Rabu 13 September 2023, sehingga masyarakat Kota Bekasi merasa kecewa. 

Banyak masyarakat yang harus membeli air isi ulang untuk digunakan aktivitas sehari-hari seperti memasak, ataupun mandi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: