Kementerian PUPR Ungkap Hanya 4,18 Persen Air Bersih yang Terdistribusi ke Masyarakat Kota Bekasi

Kementerian PUPR Ungkap Hanya 4,18 Persen Air Bersih yang Terdistribusi ke Masyarakat Kota Bekasi

Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti -Tuahta Aldo-

Air Bersih, Bekasi - Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, distribusi air bersih dari Perumda Tirta Patriot hanya menjangkau 26 persen seluruh warga Kota Bekasi. 

Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti menjelaskan, hanya 4,18 persen pelanggan air PDAM Kota Bekasi yang tersuplai air dengan kualitas bagus. 

"Dari segi kualitas (air PAM) yang diterima pelanggan itu hanya 4,18 persen yang bagus," ungkap Diana Kusumastuti saat dikutip, Selasa 19 September 2023. 

Menurutnya aliran Kali Bekasi kini tengah tercemar limbah industri, sehingga Perumda Tirta Patriot kekurangan bahan baku produksi air bersih. 

"Air bakunya (Kali Bekasi masih seperti ini (tercemar). Berarti, kan, kualitas airnya enggak bagus juga, makanya ini harus ditingkatkan," jelasnya. 

Guna menyelesaikan masalah krisis air bersih, Pemerintah Kota dan Kabupaten Bekasi tengah membangun pipanisasi dari saluran kalimalang. 

BACA JUGA:

Dengan bantuan anggaran sebesar Rp 35 miliar dari PUPR, pipanisasi itu akan mengalirkan air kalimalang ke Perumda Tirta Patriot untuk diolah menjadi air bersih. 

"Jadi, mau enggak mau nanti akan ada tambahan dari SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Jatiluhur (melalui Saluran Kalimalang) 300 liter per detik dan nanti Pak Wali Kota akan menambah lagi, sehingga pelayanan air yang ada di Kota Bekasi bisa bertambah," ungkapnya. 

Diana menjelaskan, Perumda Tirta Patriot akan menggunakan air dari aliran kalimalang karena Kali Bekasi kerap tercemar limbah industri. 

Diketahui distribusi Air Bersih ke masyarakat dari Perumda Tirta Patriot kembali terhenti, usai aliran Kali Bekasi tercemar limbah industri 

Dari informasi yang fin.co.id dapat, berhentinya distribusi air bersih dari Perumda Tirta Patriot terjadi sejak hari Rabu 13 September 2023 lalu. 

Tidak hanya itu, distribusi air bersih dari Perumda Tirta Patriot kerap mengeluarkan bau yang tidak sedap hingga berwarna keruh.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: