Akan Pasang Pipa Untuk Suplai Air Dari Kalimalang, Anggaran Rp 35 Miliar Disiapkan Pemkot Bekasi

Akan Pasang Pipa Untuk Suplai Air Dari Kalimalang, Anggaran Rp 35 Miliar Disiapkan Pemkot Bekasi

Walikota Bekasi (Tengah) bersama Direktur Utama Perumda Tirta Patriot (Kiri)-Tuahta Aldo-

Air Bersih, Bekasi - Anggaran senilai Rp 35 Miliar akan disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, untuk pemasangan pipa suplai air baku dari aliran Kalimalang. 

Nantinya, air dari aliran kalimalang akan dialirkan langsung ke tempat produksi air bersih di Perumda (PDAM) Tirta Patriot Kota Bekasi. 

Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, pihaknya akan mengurangi penggunaan air baku dari Kali Bekasi untuk produksi air bersih di Perumda Tirta Patriot. 

"Ketergantungan air baku air bersih kita, tidak lagi menggunakan kali bekasi. tetapi menggunakan kalimalang, dan itu langsung akan kita lakukan pipanisasi," kata Tri Adhianto saat dikutip, Sabtu 16 September 2023. 

Anggaran Rp 35 Miliar pemasangan pipa, diambil dari APBD tahun 2024 yang nantinya akan disuntik dalam bentuk penyertaan modal tahun depan. 

Pipa dengan kapasitas 500 liter/detik akan menyedot air dari kalimalang yang dinilai lebih efektif, untuk memenuhi kebutuhan bahan baku air Perumda Tirta Patriot. 

BACA JUGA:

"Memang masih membutuhkan waktu, anggaran juga menunggu tambahan yang nanti ditetapkan yang terhormat (DPRD)," jelasnya. 

Tri Adhianto memprediksi, pemasangan pipa tersebut diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 3 sampai dengan 4 bulan. 

Secara terpisah Direktur Utama Perumda Tirta Patriot, Ali Imam Faryadi memastikan, pemasangan pipa ini merupakan solusi terbaik guna memenuhi kebutuhan bahan baku air bersih. 

"Ini adalah solusi permanen, berkat dukungan Pak Wali Kota," ungkap Ali Imam. 

Dengan adanya pemasangan pipa, diharapkan bahan baku air bersih dapat memenuhi kebutuhan produksi harian tanpa bergantung dari Kali Bekasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: