Tekan Polusi, Pemkab Tangerang Semprotkan Cairan Eco Enzyme ke Udara

Tekan Polusi, Pemkab Tangerang Semprotkan Cairan Eco Enzyme ke Udara

Cairan Eco Enzyme Disemprotkan ke Udara di Kawasan Pemkab Tangerang--Rikhi Ferdian Untuk FIN

Masalah Polusi Udara -- Sebagai salah satu upaya mengurangi tingkat polusi udara, Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan melakukan Penyemprotan cairan eco enzyme.

Cairan eco enzyme ini disemprotkan ke udara di kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang. Cara ini diklaim dapat mengurangi tingkat polutan di udara.

"Eco enzyme merupakan larutan zat organik kompleks yang diproduksi dari proses fermentasi sisa organik gula dan air," kata Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang Ujang Sudiartono, dikutip FIN Minggu 17 September 2023.

Dikatakan Ujang, cairan eco enzyme tersebut diambil dari sisa sampah organik oleh 33 siswa SD dan SMP di Kabupaten Tangerang.

Menurut dia, eco enzyme ini memiliki banyak manfaat, di antaranya, dapat menyerap dan mengikat partikel debu yang ada di udara dan mengurangi jumlah polutan.

"Harapannya penyemprotan tersebut dapat memicu berbagai usaha untuk mengurangi tingkat polusi udara," ujarnya. 

Masih menurut Ujang, cairan eco enzym bermanfaat baik untuk manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Artinya, sampah organik jika dilakukan pengelolaan dengan baik dapat memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi manusia namun juga lingkungan.

"Eco enzym merupakan salah satu produk yg dihasilkan dari pemanfaatan sampah organik," ujarnya.

Dia menjelaskan, terdapat sekitar 50 liter larutan eco enzyme yang dicampur ke dalam air di tangki mobil pemadam kebakaran.

Meski begitu, menurutnya, saat ini kondisi udara di pusat pemerintah Kabupaten Tangerang masih tergolong dalam keadaan baik.

"Kondisi yang baik itu tak akan bertahan apabila tidak ada upaya-upaya yang dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan kualitas udara, tersebut" tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: