Simak Baik-Baik Hasil Temuan Kemenhub dan KNKT Soal Rangka eSAF Honda yang Viral Mudah Patah

Simak Baik-Baik Hasil Temuan Kemenhub dan KNKT Soal Rangka eSAF Honda yang Viral Mudah Patah

bahan rangka eSAF --YouTube Madiun Jaya Motor

Temuan Rangka eSAF Honda - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub mengungkap hasil penyelidikan terkait rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) sepeda motor Honda.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menyebut atas hasil penyelidikan pihaknya dengan KNKT ditemukan beberapa temuan.

Meski demikian dia meminta masyarakat tak perlu khawatir terkait masalah rangka eSAF Honda.

"Diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir karena saat ini sedang dalam proses perbaikan tentu untuk mengutamakan kendaraan bermotor yang berkeselamatan ke depannya. Hasil Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti,” katanya dalam keterangan resminya, Jumat, 15 September 2023.

Menurut dia, pihaknya akan terus berupaya netral dalam melakukan penelitian atau pengungkapan terhadap rangka eSAF yang diisukan memiliki karat dan kropos di beberapa bagian.

BACA JUGA:

“Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," jelas dia.

Dia meyakini bahwa PT Astra Honda Motor (AHM), dengan berbagai portofolionya di industri sepeda motor tanah air, tidak akan gegabah dalam melahirkan sebuah produk yang berhubungan langsung dengan konsumen setianya.

Pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian ini pun sudah melihat secara langsung proses pembuatan rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda di Kawasan Industri Indotaise Karawang pada Jumat (1/9).

PT AHM membuat rangka eSAF dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) yang diproses menjadi rangka dan kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup).

Tidak hanya itu saja, pihak AHM juga kooperatif dalam kasus ini. AHM mempersilakan para peneliti untuk melihat langsung proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan.

Item kontrol termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan telah dilakukan dan telah memenuhi persyaratan standard manufacturing global.

BACA JUGA:

Berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik AHM, dapat dikatakan struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: