Seperti Tanah Abang, Pasar Anyar Tangerang Diharapkan Jadi Pusat Grosir Usai Direvitalisasi

Seperti Tanah Abang, Pasar Anyar Tangerang Diharapkan Jadi Pusat Grosir Usai Direvitalisasi

Pasar Anyar Tangerang--Rikhi Ferdian Untuk FIN

Revitalisasi Pasar Anyar Tangerang -- Kondisi bangunan yang sudah sangat tua dan dapat membahayakan pedagang, DPRD Kota Tangerang menilai, Pasar Anyar Tangerang memang sudah waktunya direvitalisasi.

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengungkapkan, bahwa bangunan Pasar Anyar Tangerang itu sudah sangat tua, yang situasinya pasti sudah membahayakan.

"Lihat saja fisik belakangnya sudah tidak layak, belum lagi situasi kumuh yang sudah sangat terbelakang," ujarnya, Jumat 15 September 2023.

Sehingga, lanjut Gatot, revitalisasi bukan lagi keinginan tapi ini sudah kebutuhan mendesak.

Ia pun menjelaskan, dalam proses tahapannya Pemkot Tangerang dan Perumda Pasar Kota Tangerang harus melakukannya secara tenang.

"Dan harus melakukan sosialisasi secara detail dan berulang kali," ucapnya.

Sehingga, sambungnya, masyarakat, pembeli, pedagang dan lingkungan sekitar mendapat informasi dan kepastian yang jelas pada proses revitalisasi ini.

Selain itu, penyaluran informasi terkait revitalisasi ini harus dilakukan secara lengkap, utuh dan masif. Jangan sampai, informasi pertama yang diterima masyarakat bukan dari Pemkot Tangerang atau Perumda Pasar Kota Tangerang.

"Sehingga, terjadi kesimpang siuran informasi. Mereka harus tau, semangat revitalisasi ini adalah perubahan untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama," tegasnya.

Dukungan atas rencana revitalisasi juga disampaikan, Wakil Ketua DPRD, Kota Tangerang, Turidi Susanto yang menyatakan kondisi gedung Pasar Anyar Tangerang yang sudah memprihatinkan.

Meski menurutnya, zaman dulu, Pasar Anyar Tangerang menjadi ikon atau nazarnya orang betawi dan Kota Tangerang.

"Jika ada yang sakit, selalu ada bahasa ayo kalo sembuh kita beli baju di Pasar Anyar. Magis atau sejarah Pasar Anyar Tangerang dulu sekuat itu," ujar Turidi.

Ia pun mengapresiasi dan memberikan nilai lebih atas keberhasilan Pemkot Tangerang berkolaborasi dengan Kementerian PUPR.

Apalagi, kondisi Pasar Anyar Tangerang sudah membahayakan. Banyak standar yang sudah tidak maksimal secara fungsinya.

"Bangunannya juga secara kualitas dan masa guna sudah turun sangat jauh. Maka perbaikan harus dilakukan dengan lebih cepat,” jelasnya.

Ia pun berharap, Pasar Anyar Tangerang dapat bertransformasi menjadi pusat pasar grosir, seperti Pasar Cipulir atau Pasar Tanah Abang.

Sebab menurutnya, pasar Anyar Tangerang sudah saatnya menjadi pusat grosir, yang menjadi tujuan utama warga Kota Tangerang.

"Terlebih menjadi daya tarik wisata dan ekonomi tersendiri. Dengan kelengkapan komoditi, suasana yang nyaman, dan harganya yang murah,” kata Turidi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: