Airlangga Hartarto Lapor ke Jokowi Terkait Hasil Pembahasan Sherpa Track Presidensi G20 India

Airlangga Hartarto Lapor ke Jokowi Terkait Hasil Pembahasan Sherpa Track Presidensi G20 India

Airlangga Hartarto Lapor Presiden Jokowi Terkait Hasil Pembahasan Sherpa Track Presidensi G20 India--

Sherpa Track Presidensi G20 India - Sebelum menghadiri KTT G20 New Delhi di Bharat Mandapam International Exhibition- Convention Centre, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku pengampu Jalur Sherpa (Sherpa Track) G20 Indonesia melaporkan perkembangan dan hasil pembahasan Sherpa Track Presidensi G20 India kepada Presiden Joko Widodo di Imperial Hotel, New Delhi, pada Sabtu 9 September 2023. 

Presidensi G20 India yang mengangkat tema “One Earth, One Family, One Future”, terdapat 13 Working Group dan 11 Engagement Group. 

Hal ini berkembang dari Presidensi G20 Indonesia sebelumnya dikarenakan beberapa inisitif baru dalam Presidensi India yakni Culture Working Group, Disaster Risk Resilient and Reduction Working Group, Research and Innovation Initiative Gathering, dan Start-Up 20. 

Pembahasan Sherpa Track tahun ini masih diwarnai dengan pembahasan isu geopolitik yang diakibatkan konflik yang terjadi di Ukraina. 

Tercatat seluruh pertemuan tingkat Menteri pada Sherpa Track Presidensi G20 India menghasilkan ringkasan pemimpin sidang atau Chair’s Summary. 

Perbedaan antar anggota G20 terkait isu geopolitik terjadi pada pertemuan tingkat Menteri tersebut. 

BACA JUGA:

Selain isu geopolitik, Presidensi G20 India diselenggarakan di tengah tantangan perekonomian global yang saat ini sedang melemah. 

Data pertumbuhan global menunjukkan tren penurunan, dimana melambat dari 6% pada 2021 menjadi 3,2% pada 2022. 

Pertumbuhan tahun 2023 juga diperkirakan ke 2,7% (IMF, Juni 2023). Di tengah kondisi global tersebut, Indonesia, selaku anggota Troika Presidensi G20 India tetap mengupayakan terciptanya konsensus dari Anggota G20 untuk menghasilkan Deklarasi Pemimpin G20.

Turut hadir dalam pertemuan ini adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Keuangan, Menteri Luar Negeri, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Perdagangan, serta Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian dan Staf Khusus Menteri Luar Negeri untuk Penguatan Program-Program Prioritas selaku Co-Sherpas G20 Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: