Dapat Menambah Polusi Udara, Masyarakat Kota Bekasi Diminta Tidak Membakar Sampah

Dapat Menambah Polusi Udara, Masyarakat Kota Bekasi Diminta Tidak Membakar Sampah

Ilustrasi - Pembakaran Sampah--(Istimewa)

Polusi Udara, Bekasi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengajak seluruh stakeholder, untuk turut menanggulangi masalah polusi udara di wilayah Kota Bekasi. 

Walikota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, polusi udara di wilayahnya dapat memicu lonjakan kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

Dalam keterangan resmi yang fin.co.id dapat, Tri Adhianto menginstruksikan kepada pihak terkait untuk melakukan penyemprotan di jalanan Kota Bekasi. 

"Meenginstuksikan agar pemadam kebakaran, serta Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), untuk melakukan penyemprotan di jalan raya protokol dan sekunder," tulisnya dalam keterangan resmi Tri Adhianto saat dikutip, Kamis 31 Agustus 2023. 

Selain itu, ia juga meminta kepada tingkat kecamatan dan kelurahan untuk melakukan sosialisasi bahaya pembakaran sampah yang menyebabkan polusi udara. 

"Camat dan Lurah turut mensosialisasikan dan mengantisipasi kepada masyarakat, untuk tidak melakukan pembakaran sampah dan efek dari pembakaran tersebut terhadap Kesehatan," penjelasan dalam keterangan resmi. 

BACA JUGA:

Menurutnya, diperlukan kerja sama antar Dinas di Kota Bekasi guna melakukan penanganan polusi udara di wilayah Kota Bekasi saat ini. 

"Hal itu tidak bisa dilakukan sendiri, harus ada sinergitas, konsolidasi antar SKPD," terangnya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Tanti Rohilawati juga menyarankan masyarakat untuk kembali mengunakan masker saat aktivitas. 

"Sebetulnya manfaat masker kita ya disarankan juga, karena sebetulnya meski tidak ada covid," ungkap Tanti Rohilawati, Kamis 24 Agustus 2023 lalu. 

Dengan masyarakat kembali menggunakan masker, ia menilai polusi udara yang dihirup saat aktivitas sehari-hari dapat lebih berkurang serta melindungi saluran pernapasan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: