Larangan Ibadah Haji Lebih dari 1 Kali, Wapres Ma'ruf Amin: Itu Ide yang Sangat Bagus

Larangan Ibadah Haji Lebih dari 1 Kali, Wapres Ma'ruf Amin: Itu Ide yang Sangat Bagus

Jemaah Haji di Muzdalifah--tangselkota.kemenag.go.id

Larangan Ibadah Haji Lebih dari 1 Kali - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memberi sinyal setuju dengan larangan warga Indonesia untuk menunaikan ibadah haji lebih dari 1 kali.

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan ide larangan ibadah haji lebih dari 1 kali merupakan ide yang bagus.

Dikatakan Ma'ruf Amin saat itu ide larangan haji lebih dari 1 kali sedang dalam pembahasan dan masih harus diperdebatkan.

"Jadi ada penghentian (haji lebih dari sekali), saya kira itu kan sesuatu yang harus didebatkan. Ide itu saya kira bagus untuk memberikan kesempatan kepada yang belum haji," katanya usai menghadiri Haul Masyayikh, Wisuda Purna Siswa, dan Hari Jadi ke-28 Pondok Pesantren Al-Anwar di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis, 31 Agustus 2023.

Ma'ruf mengatakan usulan larangan haji lebih dari sekali dapat memangkas antrean haji. Dengan begitu, masyarakat yang sudah haji dapat melaksanakan umroh jika rindu dengan Tanah Suci.

"Saya kira bagus untuk apa memberikan kesempatan kepada yang belum haji, sehingga yang sudah haji biarlah umroh saja," kata dia.

BACA JUGA:

Ma'ruf mengatakan usulan larangan haji lebih dari sekali akan diperdebatkan terlebih dahulu sebelum ada ketetapan.

"Saya kira ini memang mesti harus diperdebatkan ya. Dulu itu ada 5 tahun sekali, kemudian ada 10 tahun sekali, nah sekarang ada lebih maju lagi supaya pokoknya yang sudah haji tidak boleh haji sehingga yang belum haji ini bisa," kata dia.

Wacana larangan haji lebih dari sekali sebelumnya dikemukakan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Usul itu muncul untuk memangkas antrean keberangkatan haji.

Muhadjir menilai kewajiban haji bagi yang mampu hanya satu kali, sementara kesempatan selanjutnya perlu diberikan kepada masyarakat yang belum menunaikan ibadah haji.

Upaya tersebut diharapkan dapat mengurangi antrean keberangkatan haji sehingga memberikan kesempatan masyarakat yang belum berhaji sebelum mereka menua.

"Wacana ini perlu dibahas karena jamaah haji yang semakin menua berimplikasi terhadap kesehatan," kata Muhadjir Effendy.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: