Atasi Polusi Udara, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Akan Gelar Uji Emisi Gratis

Atasi Polusi Udara, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Akan Gelar Uji Emisi Gratis

Petugas sedang melakukan uji emisi kendaraan di Kota Bekasi-Dokumen Istimewa-

Polusi Udara, Bekasi - Sebagai salah satu upaya mengatasi polusi udara di Kota Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup (LH) akan menggelar uji emisi gratis. 

Uji emisi gratis tersebut, akan dilakukan pada tanggal 26 September 2023 mendatang untuk ratusan kendaraan yang ada di Kota Bekasi. 

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKLH) pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Andy Frengky mengatakan, sebanyak 200 kendaraan menjadi target yang akan ikut uji emisi. 

"Jadi uji emisi rencana bertepatan dengan hari kesehatan lingkungan, 26 September 2023. Rencananya akan satu titik, tapi nanti berkembang," kata Andy Frengky, Jumat 25 Agustus 2023. 

Menurutnya, titik pertama yang akan digelar uji emisi gratis di Kota Bekasi berlokasi di Jalan Raya Narogong, Kecamatan Rawalumbu. 

DLH Kota Bekasi nantinya akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub), serta beberapa bengkel di wilayahnya yang mempunyai alat uji emisi. 

BACA JUGA :

"Karena memang bengkel-bengkel tersebut di awal bulan September kita akan memberikan pelatihan sebagai penguji emisi kendaraan bermotor," jelasnya. 

Nantinya, kendaraan yang tidak lolos uji emisi akan mendapat rekomendasi dari petugas untuk dilakukan pemeliharaan lebih lanjut. 

"Yang tidak lolos kan berarti dia kita rekomendasikan untuk bisa melakukan pemeliharaan, gas karbon kan tinggi, di bengkel-bengkel mereka," ucapnya. 

Andy Frengky menjelaskan, pihaknya hingga kini belum memutuskan terkait teknis pelaksanaan uji emisi gratis di Kota Bekasi. 

Kini pihaknya tengah menganalisa, terkait metode yang tepat guna pelaksanaan kegiatan uji emisi gratis bagi seluruh kendaraan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: