Belum Sebulan Keluar dari PSI, Guntur Romli Kini Maju Caleg PDIP

Belum Sebulan Keluar dari PSI, Guntur Romli Kini Maju Caleg PDIP

Tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL) Mohamad Guntur Romli.-Twitter/@GunRomli-

Guntur Romli Caleg PDIP- Mantar kader PSI, Guntur Romli kini maju sebagai calon legislatif 9 (caleg) dari PDI-Perjuangan. Padahal, belum sampai satu bulan Guntur Romli memutuskan keluar dari PSI.

Guntur Romli mundur dari PSI pada 5 Agustus 2023 lalu. Adapun alasan Guntur Romli keluar dari PSI karena partai yang dipimpin oleh Giring Ganesha itu dianggap mendukung Prabowo Subianto. 

Guntur Romli terdafatar di sebagai caleg PDIP untu daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur III dengan nomor urut ke-2 dari 7 kader yang calonkan diri.

Lantas benarkah Guntur Romli sudah menjadi caleg PDIP sebelum keluar dari PSI? 

Ketua relawan Ganjar ini mengatakan, pada Mei 2023 dirinya mendafatar sebagai celag dari PSI Jawa Timur I nomor urut 2, namun saat itu dirinya belum melengkapi berkasnya. 

"Silakan cek datanya ke PSI, saya memang belum melengkapi berkas-berkas karean sikap PSI yang plin-plan terhadap Ganjar, sementara saya Ketum Ganjarian. Prabowo datang ke PSI, saya keluar. Saya pindah parpol, itu hak politik saya," kata Guntur Romli. 

BACA JUGA:

Alasan Guntur Romli Keluar dari PSI:

Pria bernama lengkap Mohamad Guntur Romli ini mengatakan, alasan keluar dari PSI karena adanya sinyal kedekatan antara PSI ddengan Prabowo Subianto.

Guntur mengaku tidak pernah diberi tahu ataupun diberi penjelasan oleh pengurus PSI terkait kehadiran Prabowo di DPP PSI.

Dia mengatakan hanya bisa membaca dan menonton di media massa bahwa Prabowo terlihat mulai memiliki kedekatan dengan PSI.

"Alasan yang sebenarnya saya akhirnya memutuskan keluar dari PSI adalah kehadiran Prabowo di DPP PSI dan 'tondo-tondo' koalisi PSI dengan Prabowo itu tanpa dibuka terlebih dahulu ruang diskusi dan perdebatan karena terkait nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang sama-sama kita perjuangkan selama ini,” kata dia.

Adapun putusan keluar itu, kata Guntur, merupakan hal yang berat karena relasi yang sudah terjalin antara dirinya dan kader PSI lainnya. Ia juga mengatakan bahwa PSI merupakan rumah politiknya.

BACA JUGA:

“Begitupun PSI yang selama ini saya anggap sebagai ‘rumah politik’ saya. Mulai hari ini, saya menyatakan keluar dari PSI sebagai anggota dan kader PSI," kata Guntur.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: