MS Kaban Bilang Food Estate Mangkrak Karena Kesalahan PDIP yang Jadikan Jokowi Petugas Partai!

MS Kaban Bilang Food Estate Mangkrak Karena Kesalahan PDIP yang Jadikan Jokowi Petugas Partai!

Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau lokasi pengembangan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah pada Kamis (9/7/20220). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Laily Rachev)--

Food Estate Jokowi- Mantan Menteri Kehutanan Malem Sambat Kaban menilai, kegagalan food estate bukan kesalahan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Tetapi kesalahan PDIP sendiri. 

"Kegagalan food estate bukan kegagalan PS Menhan RI , itu kegagalan PDIP menjadikan Presiden Joko Widodo sbg petugas partai, " tulisnya di Twitter, dikutip pada Senin 21 Agustus 2023.

Selain itu, Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Ummat ini menilai, kabinet Presiden Jokowi tidak satu komando. Menurut dia para kabinet bekerja sesuai selera mereka. 

"Kabinet tidak satu komando, masing-masing bermain atas selera. Presiden kini hanya jadi symbol. Ijtihad menyatakan berhenti terbaik utk NKRI" tuturnya. 

Sebelumnya,.Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, Food Estate adalah kejahatan lingkungan. 

BACA JUGA:

"Kami memberikan suatu catatan yang sangat kuat terkait dengan upaya yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi untuk membangun food estate," kata Hasto di Bogor, Selawa 15 Agustus 2023.

Hasto mengatakan hal tersebut saat diminta tanggapan soal dugaan aliran dana kejahatan lingkungan yang masuk ke partai politik Rp1 triliun untuk pembiayaan Pemilu 2024. 

Hasto mengatakan, food estate menyebabkan kerusakan hutan hingga bagian dari kejahatan lingkungan. 

"Dalam praktik pada kebijakan itu ternyata disalahgunakan, kemudian hutan-hutan justru ditebang habis, dan food estate-nya tidak terbangun dengan baik. Itu merupakan bagian dari suatu kejahatan terhadap lingkungan," kata Hasto. 

Program Food Estate adalah program yang diluncurkan oleh Presiden Jokowo pada tahun 2020. 

BACA JUGA:

Program ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan nasional dan mewujudkan ketahanan pangan. 

Program Food Estate difokuskan pada pengembangan tiga wilayah utama, yaitu Kalimantan Tengah, Papua, dan Sulawesi Tengah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: