Hasto Sebut Program Jokowi Food Estate Kejahatan Lingkungan, PDIP Perang Terbuka dengan Istana?

Hasto Sebut Program Jokowi Food Estate Kejahatan Lingkungan, PDIP Perang Terbuka dengan Istana?

Sekretaris Jenderal DPP PDI perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat memberikan keterangan kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta, Jumat (3/2/2023). ANTARA/Tri Meilani Ameliya.--

PDIP Keitik Food Estate- PDI-Perjuangan mulai terang-terangan mengkritik kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). PDIP menyoroti proyek Jokowi Food Estate atau lumbung pangan nasional. 

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, Food Estate adalah kejahatan lingkungan. 

"Kami memberikan suatu catatan yang sangat kuat terkait dengan upaya yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi untuk membangun food estate," kata Hasto di Bogor, Selasa 15 Agustus 2023.

Hasto mengatakan hal tersebut saat diminta tanggapan soal dugaan aliran dana kejahatan lingkungan yang masuk ke partai politik Rp1 triliun untuk pembiayaan Pemilu 2024. 

Hasto mengatakan, food estate menyebabkan kerusakan hutan karena itulah progran Jokowi itu disebut bagian dari kejahatan lingkungan. 

BACA JUGA:

"Dalam praktik pada kebijakan itu ternyata disalahgunakan, kemudian hutan-hutan justru ditebang habis, dan food estate-nya tidak terbangun dengan baik. Itu merupakan bagian dari suatu kejahatan terhadap lingkungan," kata Hasto. 

Menanggapi kritikan Hasto ke Pemerintah, pengamat politik, Abdillah Toha menilai, telah terjadi saling sindir antara Istana dan PDI-P.

"Perang Terbuka Istana dan PDIP" tulis Abdillah Toha di Twitternya, Rabu 16 Agustus 2023.

Program Food Estate adalah program yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2020. 

Program ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan nasional dan mewujudkan ketahanan pangan. 

Program Food Estate difokuskan pada pengembangan tiga wilayah utama, yaitu Kalimantan Tengah, Papua, dan Sulawesi Tengah.

BACA JUGA:

Kebijakan yang digagas Jokowi ini bahkan menjadi salah satu kebijakan yang masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: