Tekan Polusi Udara, Pemkot Tangerang Mulai Terapkan Bike To Work dan Nebengers!

Tekan Polusi Udara, Pemkot Tangerang Mulai Terapkan Bike To Work dan Nebengers!

Pegawai Pemkot Tangerang Menggunakan Sepeda Untuk Berangkat ke Kantor--Rikhi Ferdian Untuk FIN

 

Isu Polusi Udara di Tangerang -- Pemerintah Kota Tangerang mulai menerapkan program Bike To Work dan Nebengers atau Jumat Saling Jemput sebagai upaya mengatasi polusi udara di daerah itu.

Ya, program Bike To Work dan Nebengers digagas Pemkot Tangerang di tengah isu memburuknya kualitas udara disejumlah daerah di Indonesia.

Terlihat sejumlah pegawai datang menggunakan sepedah, berjalan kaki atau menggunakan kendaraan umum, dan tak sedikit saling nebeng empat hingga enam pegawai dalam satu mobil.

Salah satunya, terlihat di DPMPTSP, dimana hampir 30 pegawai menggunakan sepedah dan puluhan pegawai lainnya menerapkan Nebengers.

"Isu buruknya kualitas udara saat ini adalah tanggungjawab kita bersama," ungkap Taufik Syahzaeni, Kepala DPMPTSP, yang turut mengenakan sepedah ke kantor, Jumat 18 Agustus 2023.

"Dengan itu, atensinya kuat untuk pegawai DPMPTSP terapkan, Nebengers dan alhamdulillah pegawai pun menyambut dengan antusias," imbuhnya.

Kata Taufik, melihat antusias pegawai dan pentingnya ikut turun tangan mereduksi pencemaran udara, bike to work atau nebengers tak menutup kemungkinan akan diterapkan secara berkala disetiap Jumat.

Disamping itu, urusan ramah lingkungan DPMPTSP juga telah menerapkan paperless dalam pengurusan dan pelayanan online melalui SIMBG, Lintasan, dan OSS.

"Kami pun mengimbau, seluruh pemohon untuk menggunakan layanan online atau ke MPP dengan kendaraan umum," katanya.

Sementara itu, di sejumlah wilayah seperti Kecamatan dan Kelurahan juga turut menerapkan bike to work dan nebengers, bahkan banyak pegawai kelurahan yang berjalan kaki ke kantor.

Seperti, sejumlah pegawai Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang yang kurang lebih berjalan sejauh 2,5 kilometer dari rumah ke kantor.

"Biasanya hari Jumat memang menjadi hari berolahraga para pegawai, namun dengan imbauan bike to work, nebengers atau naik angkutan umum ke kantor ini, kita jadi lebih bersemangat dan pilihan kami hari ini adalah berjalan kaki," jelas Dita Subrata, Sekretaris Kelurahan Kunciran Indah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: