Temuan Dinas Lingkungan Hidup, Limbah Industri Cileungsi Kabupaten Bogor Penyebab Kali Bekasi Tercemar

Temuan Dinas Lingkungan Hidup, Limbah Industri Cileungsi Kabupaten Bogor Penyebab Kali Bekasi Tercemar

Kondisi aliran Kali Bekasi di bendungan Presdo Kota Bekasi-Tuahta Aldo-

Pencemaran Kali, Bekasi - Aliran Kali Bekasi tercemar limbah, sehingga produksi air bersih Perumda Tirta Patriot mengalami gangguan produksi. 

Berdasarkan pantauan langsung fin.co.id siang hari ini Senin (14/8/2023), aliran Kali Bekasi masih berwarna hitam pekat, mengeluarkan bau hingga berbusa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi, Yudhianto mengatakan, ia bersama tim sudah melakukan investigasi di lapangan terkait tercemarnya kali bekasi.

"Kita lakukan investigasi, kita lakukan susur sungai bersama tim dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, saat itu kita temukan, batasan sumber pencemarannya," kata Yudhianto saat ditemui di bendungan Presdo Bekasi.

Menurutnya, aliran Kali Bekasi saat ini menjadi tercemar imbas pembuangan limbah industri yang berada di kawasan Kabupaten Bogor.

"Batasan sumber pencemarannya bukan berada di Bekasi, kita jumpai sumber pencemaran ada di aliran Kali cileungsi yang ada di Kabupaten Bogor," jelasnya. 

BACA JUGA :

Pihaknya juga telah mendapati hasil, usai melakukan uji laboratorium terkait kandungan limbah yang mencemari aliran Kali Bekasi. 

"Diduga ada limbah sisa aktivitas pencucian pakaian, atau pencucian berwarna buat textile. diduga berasal dari pabrik industri germany, atau pencucian pakaian yang ada di wilayah sana," ucapnya. 

Atas temuan itu, LH Kota Bekasi telah berkoordinasi dengan LH Provinsi Jawa Barat, untuk mengambil tindak lanjut terkait pencemaran aliran Kali Bekasi. 

"Selanjutnya hasil lab kita serahkan ke Dinas LH Jawa Barat untuk dilakukan kajian, sampai sekarang kami menunggu dari Dinas LH Jawa Barat untuk mengambil langkah selanjutnya," terangnya. 

Diketahui sebelumnya produksi air bersih Perumda Tirta Patriot mengalami gangguan, Imbas kondisi kali bekasi yang tercemar limbah industri. 

Penyaluran air bersih dari Perumda Tirta Patriot ke pemukiman warga Kota Bekasi turut tersendat, akibat gangguan produksi air bersih. 

Kini Perumda Tirta Patriot menggunakan aliran Kalimalang, guna menangani gangguan produksi air bersih akibat Kali Bekasi tercemar limbah. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: