Tabasheer Porang

Tabasheer Porang

--

Saya anggap kesepakatan soal tabasheer ini sama penting dengan kesepakatan soal porang. Khususnya porang yang sudah diolah menjadi tepung.

Petani porang kini boleh merasa lega bahwa keluhan soal jatuhnya harga porang dapat muara. Sampai dibawa oleh Presiden Jokowi ke pertemuan begitu tinggi. Tinggal bagaimana industri tepung porang bisa berkembang. Agar Indonesia tidak hanya bisa ekspor porang dalam bentuk kripik.

Itu lebih menyangkut teknologi. Petani tidak bisa turun tangan. Pembuatan tepung porang berbeda dengan membuat tepung terigu. Dalam proses itu diperlukan teknologi yang bisa menghilangkan zat tertentu yang kalau termakan terasa gatal.

Sahabat muda Disway seperti Hamzah sudah mampu membuat mesinnya. Tinggal ia tidak punya cukup modal. Hamzah sudah membuktikan mampu membangun pabrik pembuat tepung karagenan yang bahan bakunya rumput laut. Mutu tepung karagenannya setara dengan buatan mesin dari Jepang. Sudah lebih 10 tahun pabrik karagenannya itu berjalan baik. Di Pasuruan, Jatim.

Hamzah bisa jadi ujung tombak untuk merealisasikan pertemuan tingkat tinggi di Chengdu itu.

Maka proyek IKN, proyek pabrik kaca terbesar di dunia di dekat Batam, tepung porang, dan tabasheer jadi oleh-oleh presiden dari Tiongkok. 

Presiden berikutnya jangan lupa melanjutkannya. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 5 Agustus 2023: Agama Arkeolog

Agus Suryono

EMBOEN TAK MEMBEDAKAN AGAMA.. Apapun agamanya. Emboen akan memberikan kesejukan yang sama. Tanpa kecuali.. ###Begitu kuyakin..

mzarifin umarzain

Di Indonesia ada persaingan penguasaan masjid oleh orang2 NU, Muchammadiyyah, Salafi, dll. Di suatu desa, bapak saya memberi waqof masjid. Oleh suatu ormas diminta untuk kepengurusan nya. Kami keberaran, sebagai ahli waris. Kepengurusan waqof kami setujui diserahkan ke masyarakat sekitar, bukan atas nama ormas. Kini masyarakat sekitar masjid mbangyn masjid tsb bertingkat, yg semula belum bertingkat. Saya menyarankan agar 100% jamaah masjid tsb hafal Terjemahan surat alFaatichah. Semoga berbarokah.

thamrindahlan

Selamat Pagi. Salamsalaman. Profesi Arkeolog so pasti profesional Independent. Pasalnya para ahli purbakala ini bekerja berdasarkan bukti berupa temuan. Temuan dari galian tanah bumi terkait peninggalan masa lalu tidak bisa "dimainkan". Ditemukan beberapa bangunan kuno dari peninggalan sejarah pusaka masa lalu karena jasa Ilmuwan Arkeolog. Abah menulis Agama Arkeolog merujuk peristiwa di India. Ada variabel Agama disini. Pola pikir masuk akal penggantian pengunaan bangunan salah satu agama ke agama lainnya berdasarkan hasil temuan Arkeolog. Namun lebih jauh dari itu akan semakin masuk akal bila kerukunan Agama lebih di nomor satukan. Artinya bumi tanah yang sangat luas ini bisa dibangun fasilitas tempat Ibadah. Kenapa harus dirusak ( digantikan) dari satu agama lain ke agama lain. Peran Pemerintah tentu sangat besar mengatur perihal tempat Ibadah. Contoh Presiden Turki Recep Tayyip Edogan dengan sangat santun mengembalikan Hagia Sophia menjadi tempat Ibadah Umat Islam. Kebijakan beliau Fungsi peninggalan sejarah itu tetap sebagai destinasi reliji yang bisa di kunjungi oleh siapa saja. Semoga pertikaian ini bisa dihentikan tanpa mengurangi rasa hormat pada Arkealog. Fakta banyak gereja di Eropa berubah fungsi menjadi masjid. demikian pula senaliknya di Spanyol. Indonesia tentu jangan sampai terjadi kekisruhan perihal tempat ibadah. Diharapkan kerukunan antar pemuka agama bisa saling memberikan pemahaman kepada umat terkait tempat ibadah. Salamsalaman 

Jo Neka

"Rumah ibadah telah menjadi tragedi kemanusiaan bila penguasa di sekitar bèrubah"tulis pak Dahlan.Tetapi sejarah mencatat.Sejak ada Agama.Begitu banyak tragedi kemanusiaan atas nama Agama.Dan Sapiens jaman modern mulai bertanya tanya.Beragama untuk apa?Mari kita mengajarkan anak-anak kita.Bagaimana menghargai Kemanusiaan tanpa melihat Agama.Yang kita sama tahu karakter ini mulai memudar dari bumi Pertiwi.Salam kebangsaan.Majulah Jiwanya majulah Badanya.

imau compo

Tidak ada yg dilarang sebagai tempat shalat kecuali kuburan atau tempat yg bernajis. Pendapat saya, tidak ada perlunya mempertahankan tempat yg bukan "hak" utk dibangun mesjid. Perlu juga diketahui alasan-alasan umat Islam India, sebagai ilmu dan wawasan.

imau compo

Kenapa Alampir tidak mencontoh sahabat-sahabat Nabi SAW yg saleh dalam memerintah negara? Sewaktu Umar membebaskan Yerussalem, masyarakat setempat begitu menunggu perlindungannya karena kerajaan Romawi yg semena-mena khususnya terhadap orang Yahudi. Dari situs NU saya baca, kiblat orang yahudi dijadikan wanita-wanita romawi sbg tempat pembuangan pembalut. Anehnya, beberapa waktu yg lalu, saya menonton video seorang yahudi yg meludahi suster katolik di sebuah jalan di sekitar tembok ratapan. Lebih aneh lagi, mereka, yahudi, begitu buas thd muslim, padahal kakeknya muslim ini (Umar) yg membebaskan yahudi-yahudi dari kesewenang-wenangan Romaewi.

Mirza Mirwan

Kuil di Benares (Varanasi/Banaras) termasuk yang dihancurkan. Juga di Ayodhya. Kalau melihat masjid-masjid yang disengketakan umat Muslim dan Hindhu, kelihatannya memang masjid-masjid peninggalan Aurangzeb, yang dibangun di bekas kuil. Karena banyak masjid di tempat lain yang tak diusik, meskipun jamaahnya sedikit. Di Amdabad (Ahmedabad) setidaknya ada dua masjid minim jamaah tapi tidak diusik umat Hindhu.

Mirza Mirwan

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Catch Kill

1 minggu

Inisial B

1 minggu