Berkunjung ke JIS, Youtuber Malaysia: Masya Allah Luar Biasa, Saya Speechless

Berkunjung ke JIS, Youtuber Malaysia: Masya Allah Luar Biasa, Saya Speechless

Jakarta International Stadium (JIS).-Screenshot YouTube/ WPS Channel-

Youtuber Malaysia ke JIS - Baru-baru ini Youtuber asal Malaysia yang bernama Rusdi Rusli datang ke Jakarta untuk mengunjungi Jakarta International Stadium (JIS)

"Masya Allah, luar biasa, saya speechless guys. Indonesia harus bangga punya JIS. Megah, terlalu megah. Kami datang bertiga kesini, luar biasa," ucap Rusdi Rusli di channel YouTube-nya.

Kemudian Rusdi menceritakan pengalamannya mengunjungi JIS, ia mengatakan kalau panjang skyview deck hampir satu kilometer. "Puncak JIS butuh waktu 28 menit untuk menutup," terang tur guide atau pemandu wisata menjelaskan ke Rusdi.

"Salah satu yang tercepat di dunia juga," lanjutnya.

"JIS dapat sertifikat green building menggunakan tenaga solar melalui cahaya matahari untuk menampung kebutuhan listrik yg ada di JIS," ungkap Rusdi berusaha mendeskripsikan tentang JIS kepada penonton.

Pujian yang dilemparkan oleh Rusdi cukup beralasan. JIS memang memiliki design dan fasilitas yang modern, serta kapasitas yang cukup fantastis yang bisa menampung 82.000 penonton atau yang tebesar di Indonesia.

Bahkan berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Daily Mail pada 20 Februari 2021 lalu, JIS termasuk dalam 10 stadion termegah yang ada di dunia.

Tak hanya itu, JIS juga memecahkan tiga rekor MURI. Pertama yakni 'Lifting Struktur Atap Stadion dengan Bobot Terberat', kedua 'Stadion Pertama yang Menggunakan Sistem Atap Buka Tutup', dan terakhir 'Stadion Green Building dengan Sertifikasi Platinum Pertama'.

JIS juga menjadi satu-satunya stadion di Indonesia yang dibangun dengan konsep keberlanjutan. Alhasil JIS mendapatkan predikat sertifikasi 'Green Building Grade Platinum'.

Rumput dari JIS juga sudah menggunakan 'Hybrid Turf' yang bisa menyerap air lebih banyak. Sebelumnya rumput ini juga diklaim sudah sesuai dengan standar FIFA.

JIS menimbulkan polemik

Meski banyak mendapatkan pujian dari dunia internasional, keberadaan JIS di Indonesia justru kerap menimbulkan polemik. 

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan renovasi JIS dilakukan berdasarkan surat yang diterimanya dari FIFA terdapat sejumlah catatan yang harus ditindak lanjuti.

“Alhamdulillah tanggal 20 Juli kita sudah menerima surat dari FIFA. Ada beberapa catatan yang harus segera kita tindak lanjuti, sebelum FIFA mengecek tanggal 28 (Juli) sampai 2 Agustus," kata Erick.

Sosok Menteri BUMN itu mengatakan surat yang dilayangkan FIFA sudah diteruskan ke Menpora, Dito Ariotejdo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Vitalis Yogi T.

Tentang Penulis

Sumber: