Sudah Ada 4 Kamera ETLE di Kota Tangerang

Sudah Ada 4 Kamera ETLE di Kota Tangerang

Salah Satu Titik Pemasangan Kamera ETLE di Kota Tangerang--Rikhi Ferdian Untuk FIN

Kamera ETLE di Kota Tangerang -- Polres Metro Tangerang Kota kembali menambah tiga kamera Elektronik Traffic Law Enforment (ETLE) atau tilang elektronik.

Ketiga kamera ETLE tersebut dipasang di tiga lokasi yang terpillih, yakni Jalan Gatot Subroto Cimone, Jalan K.H Hasyim Ashari, dan Jalan Jenderal Sudirman Kebon Nanas, Kota Tangerang.

Kasubnit 2 Penegakan Hukum Satlantas Polres Metro Tangerang Kota, Inspektur Polisi Dua (Ipda) Alex Rusman menjelaskan, penambahan pemasangan kamera ETLE di tiga titik lokasi baru ini dilakukan untuk meningkatkan penegakan peraturan lalu lintas di Kota Tangerang.

Terlebih, pemilihan tiga titik lokasi baru ini dinilai tepat, karena merupakan jalur protokol yang kerap padat kendaraan dan rawan pelanggaran lalu lintas.

Serta, melengkapi penggunaan kamera ETLE di Kota Tangerang yang sebelumnya telah dilakukan uji coba di Jalan Daan Mogot (di depan Mc Donald Daan Mogot yang kini digeser di depan Polres Metro Tangerang Kota).

"Kini kini terdapat toal 4 ETLE yang siap beroperasi di Kota Tangerang," ujarnya, Senin 31 Juli 2023.

Kata dia, pemilihan ketiga titik lokasi baru kamera ETLE tersebut dilakukan dengan pertimbanagan matang, seperti kepadatan mobilitas kendaraan, dan kerawanan pelanggaran lalu lintas.

"Ini berdasarkan pengamatan yang telah kita lakukan," ucapnya.

Ia menambahkan, ketiga kamera ETLE yang baru dipasang di tiga titik lokasi baru tersebut saat ini belum dioperasikan secara normal.

Mengingat, Polres Metro Tangerang Kota belum menerima serah terima secara resmi, serta masih menunggu proses persiapan dalam pengadaan sarana dan prasarana penunjang, seperti server, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, ketiga kamera ETLE tersebut dilengkapi dengan fitur intelegensi video analitik, yang mampu memonitoring secara detil dan otomatis melalui data tilang elektronik yang tersimpan di pusat data yang sama.

"Setelah pemasangan ini, kita akan segara sambungkan dengan jaringan tilang elektronik nasional beserta servernya," tuturnya.

"Kemungkinan, dalam waktu dekat, Polres Metro Tangerang Kota akan segera melakukan uji coba operasionalisasi kamera ETLE di tiga titik lokasi baru tersebut, secepatnya," lanjutnya.

Selain itu, Polres Metro Tangerang Kota juga tengah menyiapkan kamera ETLE portabel yang akan dioperasikan untuk membantu penegakan peraturan lalu lintas di Kota Tangerang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: