Ciri Penyakit Jantung yang Sudah Parah, Kenali agar Terhindar dari Fatalitas

Ciri Penyakit Jantung yang Sudah Parah, Kenali agar Terhindar dari Fatalitas

Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda, oleh Gerd Altmann dari Pixabay--

Ciri Penyakit Jantung - Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. 

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak muda. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah bisa bermacam-macam, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan penyakitnya. 

Namun, ada beberapa gejala umum yang sering muncul, yaitu:

Kesulitan bernapas: Jika jantung Anda sudah melemah, Anda akan merasa sesak napas saat beraktivitas atau bahkan saat istirahat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh.

Nyeri dada dan lengan": Nyeri dada adalah gejala klasik dari penyakit jantung koroner, yaitu penyumbatan pembuluh darah jantung akibat penumpukan plak. Nyeri ini biasanya terasa seperti tertekan, terbakar, atau menusuk, dan bisa menjalar ke lengan, leher, rahang, bahu, atau punggung.

Detak jantung tidak teratur: Gangguan irama jantung atau aritmia bisa terjadi karena adanya masalah pada sinyal listrik yang mengatur detak jantung. Akibatnya, jantung bisa berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan. Gejala ini bisa disertai dengan jantung berdebar, pusing, lemas, atau pingsan.

Sakit perut: Banyak orang tidak menyadari bahwa sakit perut juga bisa menjadi tanda dari penyakit jantung yang sudah parah. Hal ini karena arteri utama jantung (aorta) dan vena jantung (vena cava inferior) juga terletak di bagian perut. Jika ada masalah pada pembuluh darah ini, Anda bisa merasakan nyeri, kembung, mual, atau perut terasa penuh.

Gampang capek: Penyakit jantung yang sudah parah membuat Anda mudah lelah dan tidak bertenaga. Anda bisa merasa lemas saat bangun tidur atau setelah melakukan aktivitas ringan. Hal ini karena jantung tidak mampu memenuhi kebutuhan energi tubuh Anda.

Berat badan turun: Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas bisa menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dengan jantung Anda. Penyakit jantung yang sudah parah bisa menyebabkan nafsu makan menurun dan metabolisme tubuh terganggu.

 

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah di atas, segera periksakan diri ke dokter. 

Jangan menunda-nunda pengobatan karena bisa berakibat fatal. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: