News

Pemilik Kios Handphone di Bekasi, Jadi Korban Penipuan Penukaran Uang Receh Berisi Tanah Merah

fin.co.id - 27/07/2023, 22:48 WIB

Uang receh berisikan gumpalan tanah merah terbungkus plastik

Tukar Uang, Bekasi - Pemilik Kios Handphone di Bekasi, menjadi korban penipuan dengan modus menukar uang receh berisikan gumpalan tanah. 

Peristiwa itu terjadi kios bernama Hasan Cell yang terletak di Jalan Raya Telaga Asih, Kampung Citra, Cikarang Barat, Jumat (21/7/2023), milik Rori (32). 

Bermula saat anak buahnya yang sedang bekerja di kios, didatangi oleh 2 orang pelaku dengan niat untuk menukarkan uang 

"Kejadian sekitar jam 03.00 WIB. Dua pelaku datang, bilang mau tukar uang receh koin, bilang ke karyawan saya," ungkap Rori, Kamis 27 Juli 2023. 

Pelaku awalnya berniat menukar uang tunai sebesar Rp 2 Juta, namun ditolak oleh penjaga kios karena tidak membutuhkan banyak uang koin. 

BACA JUGA :

Setelah melakukan perbincangan dengan penjaga kios, korban menyetujui menukar uang koin miliknya dengan uang kertas sebanyak Rp 400 ribu. 

"Setelah itu, pegawai bilangnya dia enggak sadar, tiba-tiba orangnya sudah pergi, pas dibongkar, dalamnya ternyata tanah," jelasnya. 

Berdasarkan informasi yang fin.co.id dapat, pelaku meletakkan uang koin bercampur tanah di dalam satu plastik yang sama. 

Tanah tersebut diletakkan di bagian tengah-tengah plastik, sehingga menjadi berat dan bagian luar plastik nampak uang koin yang terisi penuh. 

"Tanah merah, kaya tanah kuburan gitu lah. (Sementara) uangnya ya acak. Ada yang pecahan Rp 200, Rp 500. Itu semuanya koin, enggak ada yang Rp 1.000 atau kertas," ucapnya. 

Rori mengaku hingga saat ini belum membuat laporan ke polisi, namun anggota polsek Cikarang Barat telah mendatangi rumahnya.

Admin
Penulis
-->