Panji Gumilang Bilang Wanita Bisa Jadi Imam Salat, Wapres Ma'ruf Amin: Itu Penyimpangan Namanya!

Panji Gumilang Bilang Wanita Bisa Jadi Imam Salat, Wapres Ma'ruf Amin: Itu Penyimpangan Namanya!

Wapres Ma'ruf Amin -Setwapres-tangkapan layar Youtube

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan bahwa wanita menjadi imam dalam salat, merupakan hal yang menyimpang dalam Islam. 

Penegasan Wapres ini diduga menanggapi pernyataan Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang yang membolehkan wanita menjadi imam dengan alasan kesetaraan. 

"Perempuan jadi imam itu bukan perbedaan, itu penyimpangan namanya itu,” kata Wapres yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini, seperti dilansir Antara. 

Hal itu disampaikan Wapres dalam sambutannya pada acara Milad ke-48 Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu malam 26 Juli 2023.

Wapres meminta MUI untuk mendudukkan persoalan penyimpangan dalam agama seperti itu secara proporsional.

BACA JUGA:

“Kaidahnya ‘la yunkar almukhtalaf fihi, wa'innama yunkar almujmae ealayh (Masalah yang masih diperselisihkan (keharamannya) tidak boleh diingkari, tapi harus mengingkari masalah yang (keharamannya) telah disepakati)’. Ini majelis ulama konsisten dari dulu begitu. Mudah mudahan sampai sekarang begitu,” jelas Wapres.

Ma’ruf Amin menyampaikan hal itu dalam rangka meneguhkan peran MUI dalam menjaga umat dari penyimpangan.

Wapres yang juga merupakan mantan Ketua Komisi Fatwa MUI mengatakan, perbedaan adalah sesuatu hal yang harus ditoleransi, namun penyimpangan tidak bisa ditoleransi dan harus diluruskan.

“Tetapi, ada orang yang penyimpangan dianggap sebagai perbedaan,” kata Wapres.

Dia mengatakan MUI sebagai lembaga yang paling pantas menjadi imam umat secara institusi, harus bisa memberikan arah kepada umat.

BACA JUGA:

Wapres menyampaikan MUI adalah lembaga yang independen yang berjalan di atas relnya dan tidak bisa diintervensi. 

“Karena itu Majelis Ulama (Indonesia) itu sering saya katakan sebagai kereta api, nggak bisa dibawa kemana-mana. Dia berjalan di atas relnya," ujar Wapres. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: