Segera Dideklarasikan, Capres-Cawapres yang Diusung PAN dari Koalisi Pemerintah dan Elektabilitas Tinggi

Segera Dideklarasikan, Capres-Cawapres yang Diusung PAN dari Koalisi Pemerintah dan Elektabilitas Tinggi

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan-Istimewa-

Capres-Cawapres yang Diusung PAN - Partai Amanat Nasional (PAN) akan segera mendeklarasikan pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bakal diusungnya.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa keputusan dan pengumuman pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024 tak akan lama lagi.

“PAN akan memutuskan paslon di pilpres dalam beberapa pekan mendatang. Secara resmi nanti akan diumumkan oleh ketua umum PAN, Bang Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN),” katanya, Selasa, 25 Juli 2023.

Viva menuturkan bahwa PAN mempunyai dua prinsip dalam menentukan pasangan calon (paslon) bakal capres dan cawapres yang akan diusungnya pada Pilpres 2024.

Pertama, kata dia, akan berkoalisi atau bekerjasama dengan partai koalisi pemerintah. Kedua, lanjut dia, akan mengusung paslon yang memiliki tingkat elektabilitas tinggi.

“Atau adanya perpaduan paslon yang berpotensi dapat menambah basis konstituen sehingga akan menambah suara kemenangan,” ujarnya.

BACA JUGA:

Meski pendaftaran paslon capres dan cawapres baru akan dibuka pada Oktober mendatang, Viva menyatakan bahwa PAN memberikan dukungan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Mas Erick adalah calon yang diusung PAN dari hasil Rakernas PAN tahun 2020. Bagi PAN, Mas Erick adalah personifikasi dari PAN karena darahnya Mas Erick sudah biru,” tuturnya.

Menurut dia, Erick memiliki elektabilitas yang tinggi sebagai figur bakal cawapres, sebagaimana hasil survei teranyar lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada Minggu (23/7). Sehingga, tambah dia, akan dapat menambah akumulasi atau peningkatan elektabilitas paslon nantinya.

“Hal ini menurut saya adalah sesuatu yang baik dan patut di apresiasi karena kinerja Mas Erick sebagai menteri BUMN dan kegiatan di luar pemerintah beriringan dengan kenaikan likeabilitas dan elektabilitasnya,” kata dia.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: