Mutasi TNI; 7 Pangdam, Pangkogabwilhan, Pangkoarmabar dan Kepala Bakamla Digeser

Mutasi TNI; 7 Pangdam, Pangkogabwilhan, Pangkoarmabar dan Kepala Bakamla Digeser

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono-ist-net

Mutasi 7 Pangdam - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi terhadap 96 perwira tinggi di lingkungan TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Mutasi TNI kali ini menyasar pada 7 panglima komando daerah militer (pangdam), Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) dan Panglima Komando Armada (pangkoarmada).

Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono menjelaskan mutasi, rotasi, dan promosi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, membina karier para perwira, dan mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI.

Dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 yang diteken oleh Panglima TNI pada hari Senin (17/7), sebanyak 96 perwira tinggi yang kena mutasi terdiri atas 53 perwira tinggi TNI AD, 26 perwira tinggi TNI AL, dan 17 perwira tinggi TNI AU.

Dari 53 perwira tinggi AD 7 di antaranya 7 Pangdam. Sebanyak 7 Pangdam yang dimutasi di antaranya Mayjen TNI Sonny Aprianto dari jabatannya sebagai Pangdam IX/Udayana saat ini menjabat sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI. Penggantinya adalah Mayjen TNI Harfendi yang sebelumnya menjabat Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Panglima TNI.

Mayjen TNI Alfred Denny D. Tuejeh mendapatkan promosi sebagai Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad). Dia sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka. Posisi Pangdam XIII/Merdeka pun saat ini diisi oleh Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko.

BACA JUGA:

Sementara itu, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, yang sebelumnya Irjenad, saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III menggantikan Letjen TNI Agus Suhardi.

Dalam SK yang sama, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, yang sebelumnya bertugas sebagai Pangdam XVI/Pattimura saat ini menjabat Perwira (Pa) Staf Ahli Tingkat III Kepala Staf TNI AD Bidang Industri Teknologi Militer (Intekmil) dan Siber. Penggantinya adalah Mayjen TNI Syafrial yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Staf Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kaskostrad).

Mayjen TNI Erwin Djatniko, sebelumnya Gubernur Akademi Militer (Akmil), saat ini menjabat Pangdam III/Siliwangi. Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo sebelumnya Pangdam III/Siliwangi saat ini bertugas sebagai Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Wadankodiklatad).

Posisi Gubernur Akmil pun saat ini diisi oleh Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XVII/Cendrawasih. 

Jabatan Kasdam XVII/Cendrawasih diisi oleh Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zafrul yang sebelumnya bertugas sebagai Komandan Pusat Intelijen TNI AD (Danpusintelad).

Selanjutnya, Mayjen TNI Yanuar Adil yang sebelumnya menjabat Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) saat ini bertugas sebagai Pangdam II/Sriwijaya menggantikan Mayjen TNI Hilman Hadi.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: