Ini Jam Operasional TransJakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Setelah Alami Perubahan

Ini Jam Operasional TransJakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Setelah Alami Perubahan

Ilustrasi - Bus transjakarta--PMJ news

TransJakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta - TransJakarta resmi mengubah jam layanan  rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai Rabu (19/7) setelah uji coba dilakukan selama dua pekan sejak 5 Juli 2023. 

"Ternyata kawasan perkantoran pergudangan jam 6 itu jam masuk kerjanya. Jadi kalau kami baru mulai antar dari Terminal Kalideres sampai di sana jam 7, mereka sudah terlambat," kata Direktur Operasional dan Keselamatan Transjakarta Daud Joseph, Rabu 19 Juli 2023.

Sebelumnya, TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta mulai beroperasi pukul 06.00-09.00 WIB dan 18.00-21.00 WIB.

Namun, untuk uji coba tahap kedua ini, TransJakarta telah mendapatkan izin dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk memajukan jam pelayanan menjadi pukul 05.00-08.30 WIB dan 16.15-20.30 WIB.

"Jadi selesainya juga lebih cepat karena kita lihat ternyata di sana jam 9 malam bandara sudah sepi banget, sepi dari pekerja ya, pekerja bandara yang mau pulang," ujar Joseph.

Joseph menyebut selama uji coba dua pekan ini TransJakarta telah melayani hampir 10.000 penumpang, dimana rata-rata per hari melayani sekitar 700 penumpang.

BACA JUGA:

"Paling ramai itu jam 6 pagi sampai jam 8 malam. Jadi paling dari 700 orang itu yang 400 pagi, sedangkan yang 300 sore," ucap Joseph.

Berdasarkan hasil survei dan evaluasi layanan, pelanggan yang menggunakan layanan TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) datang dari berbagai wilayah, misalnya tinggal di daerah Lebak Bulus hingga Kota Bekasi.

Lalu, dari segi penghasilan kata Joseph, rata-rata yang menggunakan TransJakarta layanan ini memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta. 

Mereka adalah pekerja bandara di kawasan kargo, kuliner, dan perkantoran pergudangan.

"Jadi sebetulnya dari sisi efektivitas pada saat uji coba, ini efektif untuk melayani pekerja kawasan bandara yang memang dari sisi kemampuan untuk membayar biaya transportasi cukup rendah," kata Joseph.

Kemudian, biasanya para penumpang sebelum menggunakan TransJakarta mereka menggunakan sepeda motor untuk menuju bandara. 

Artinya, ketika mereka beralih ke layanan ini, Joseph berharap penggunaan sepeda motor akan jauh berkurang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: