10 Contoh Ide MPLS yang Inspiratif untuk Siswa Baru

10 Contoh Ide MPLS yang Inspiratif untuk Siswa Baru

Kegiatan MPLS di SMK Karya Pembangunan, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang. --Rikhi Ferdian Untuk FIN

MPLS merupakan singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, merupakan salah satu momen penting bagi para siswa baru yang memasuki lingkungan sekolah yang baru. 

MPLS adalah kesempatan bagi siswa untuk beradaptasi, berinteraksi, dan membangun hubungan dengan teman sekelas, guru, dan lingkungan sekitar. 

Agar MPLS berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman inspiratif bagi siswa baru.

Berikut 10 Ide MPLS yang Inspiratif:

1. Ice Breaking dengan Seni Kreasi

Selama MPLS, adakan sesi ice breaking yang berfokus pada seni kreatif, seperti melukis, membuat origami, atau menyusun kerajinan dari bahan daur ulang. 

Aktivitas ini akan membantu siswa baru merasa lebih nyaman dengan lingkungan sekitar dan bersosialisasi dengan teman sekelas.

BACA JUGA:

2. Lomba Penemuan Tempat Menarik

Susun lomba di mana siswa baru berkeliling sekolah untuk menemukan tempat-tempat menarik, seperti taman, perpustakaan, atau laboratorium. Selain mengenalkan lingkungan sekolah, ini juga mendorong rasa keingintahuan dan eksplorasi.

3. Sesi Motivasi dengan Alumni Sukses

Undang beberapa alumni sukses yang telah meraih prestasi di berbagai bidang untuk berbicara tentang pengalaman mereka selama bersekolah dan bagaimana sekolah telah membantu mereka mencapai kesuksesan. Ini akan memotivasi siswa baru untuk bersemangat menghadapi masa depan.

4. Pertukaran Pengalaman

Beri kesempatan pada siswa baru untuk berbagi pengalaman mereka tentang menghadapi tantangan saat beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru. 

Hal ini akan membuat mereka merasa lebih termotivasi karena menyadari bahwa mereka tidak sendirian mengalami hal tersebut.

BACA JUGA:

5. Kompetisi Tim Bangunan Kekompakan

Adakan kompetisi yang melibatkan kerja sama tim, seperti membangun menara dari balok kayu atau mengatasi tantangan lain yang mengedepankan kekompakan dan kerjasama.

6. Sesi Penanaman Pohon atau Kebun Sekolah

Libatkan siswa baru dalam kegiatan penanaman pohon atau kebun sekolah. Selain memberikan dampak positif bagi lingkungan sekolah, ini akan memberikan rasa memiliki terhadap sekolah mereka.

7. Permainan Tebak Kepribadian 

Adakan sesi permainan tebak kepribadian, di mana siswa baru bisa memahami satu sama lain lebih baik dan menghargai perbedaan yang ada.

8. Sesi Diskusi Inspiratif

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: