Tak Hadir Saat Dipanggil KPK Jadi Saksi Kasus Korupsi, Jubir: Menhub Budi Karya Sumadi Sedang Diluar Kota

Tak Hadir Saat Dipanggil KPK Jadi Saksi Kasus Korupsi, Jubir: Menhub Budi Karya Sumadi Sedang Diluar Kota

Menhub Budi Karya Sumadi.-Instagram/@budikaryas-

Menhub Budi Karya Sumadi - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sedianya hari ini, Jumat 14 Juli 2023, dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi di proyek Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub. 

Namun demikian, Menhub Budi Karya Sumadi hari ini tidak hadir dalam agenda pemeriksaan saksi. Kabarnya, mantan Dirut Angkasa Pura II itu sedang bertugas ke luar kota. 

"Saat ini Menhub tengah mendapat tugas untuk meninjau proyek transportasi di luar kota," ungkap Juru Bicara Menteri Perhubungan, Adita Irawati kepada awak media, saat dikonfirmasi, Jumat 14 Juli 2023. 

Menurut Adita, Menhub Budi Karya Sumadi meminta agar pemanggilannya dijadwalkan ulang. "Permintaan keterangan kami mohonkan untuk  dapat dijadwalkan kembali," ungkap Adita. 

Adita mengonfirmasi, Menhub Budi Karya Sumadi akan dimintai keterangan oleh KPK terkait kasus suap di Ditjen Perkeretaapian. 

"Kami telah mendapat informasi mengenai panggilan kepada Menhub Budi Karya Sumadi untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam dugaan kasus suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian," ungkapnya. 

BACA JUGA:

Adita juga memastikan, Kementerian Perhubungan akan kooperatif dan mendukung upaya KPK dalam pemberantasan korupsi. 

"Kami sangat  mendukung upaya pemberantasan korupsi  dan akan bekerja sama sepenuhnya dengan aparat penegak hukum termasuk KPK," pungkasnya. 

Sebagaimana diketahui, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada hari ini, Jumat 14 Juli 2023, sebagai saksi kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) suap di lingkup Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan pemanggilan terhadap Mantan Dirut PT Angkasa Pura II tersebut.

"Hari ini (14/7) pemeriksaan saksi TPK suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan," ujar Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 14 Juli 2023.

Adapun dugaan kasus TPK Suap yang dimaksud yaitu terkait Pembangunan Jalur Kereta Api di Wilayah Sulawesi Selatan, Jawa Bagian Tengah, Jawa Bagian Barat, dan Jawa- Sumatera T.A 2018-2022,  untuk tersangka  PTU dan kawan-kawan.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: