Cipto Raharjo Pria Obesitas Tangerang Dirujuk ke RSCM Karena Hal Ini

Cipto Raharjo Pria Obesitas Tangerang Dirujuk ke RSCM Karena Hal Ini

Petugas Damkar Saat Mengevakuasi Cipto Raharjo (45) Pria Obesitas Dengan Berat 200 Kilogram. --Istimewa

Pria Obesitas Tangerang -- Cipto Raharjo pria obesitas asal Kota Tangerang  dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat.

Sebelumnya pria dengan berat 200 kilogram itu menjalani perawatan di RSUD Kota Tangerang, sejak 4 Juli 2023 lalu.

"Iya pasien sudah dirujuk ke RSCM hari Selasa tanggal 11 Juli 2023," kata Humas RSUD Kota Tangerang drg. Fika S Khayan kepada FIN, Rabu 12 Juli 2023.

Fika menjelaskan, kondisi tanda vital pasien obesitas tersebut secara umum stabil dengan sesak nafa sudah berkurang dibandingkan dengan saat masuk rumah sakit.

Namun, masih terdapat keterbatasan gerak, karena obesitas mengakibatkan beban kaki lebih berat.

"Terapi di rumah sakit, tentunya mengurangi keluhan pasien, mengatur kebutuhan gizi dan memberikan pengobatan sesuai dengan gangguan metabolismenya," tuturnya.

Akan tetapi, lanjut Fika, pasien membutuhkan pemeriksaan diagnostik, pemeriksaan laboratorium yang belum dimiliki RSUD Kota Tangerang sehingga harus dirujuk ke RSCM.

"Serta membutuhkan dokter spesialis yang lebih kompeten, seperti bedah vaskuler, endokrin," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya Cipto Raharjo (45),  dievakuasi oleh petugas BPBD Kota Tangerang dari rumahnya, pada Selasa, 4 Juli 2023 malam, dan dirujuk ke RSUD Kota Tangerang.

"Pasien diterima sekitar pukul 21.17 WIB malam," kata Humas RSUD Kota Tangerang drg. Fika S Khayan kepada FIN, Rabu 5 Juli 2023.

Tim dokter RSUD Kota Tangerang saat ini masih melakukan pemeriksaan  untuk menganalisis berbagai penyakit yang kemungkinan diderita Cipto.

"Karena (pasien) kelebihan berat badan, yang masih diperkirakan sekitar 200 kg," ujarnya.

Dia menjelaskan, pasien dibawa dengan keluhan sesak nafas selama 1 minggu ini, memberat 3 hari ini.

Selain itu Cipto Raharjo juga mengalami nyeri kaki kanan dan kiri dan tidak dapat  berjalan sejak 2 minggu belakangan meski tidak ada Riwayat jatuh.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: