Dinkes Kota Tangerang: Obesitas Bisa Dicegah Dengan Gaya Hidup Cerdik!

Dinkes Kota Tangerang: Obesitas Bisa Dicegah Dengan Gaya Hidup Cerdik!

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni Saat Diwawancara Awak Media.-Khanif Lutfi-

Kasus Obesitas di Tangerang -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memiliki berbagai penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM), termasuk untuk menangani keadaan obesitas.

Screening PTM tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Kota Tangerang.

"Dinkes rutin melakukan screening PTM di wilayah atau pemukiman. Secara berkala Dinkes juga melakukan pendataan pada kasus-kasus PTM. Salah satunya yaitu obesitas," kata Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, Senin 10 Juli 2023.

Dia menyebut data terakhir hingga Mei 2023 ada 20 ribu warga mengalami kondisi obesitas.

Ini merupakan hasil skrining dengan sasaran diatas 15 tahun, ditemukan hasil warga terkonfirmasi obesitas didominasi oleh usia 20 hingga 50 tahun.

"Hasil screening yang terus di update secara berkala, Dinkes juga mengiringinya dengan menggencarkan pola penanganannya," ujarnya.

"Diantaranya, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terkait skrining atau deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular, termasuk obesitas ini," sambungnya.

Dikatakan Dini, obesitas sebenarnya bisa dicegah dengan menggencarkan gaya hidup CERDIK, yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet gizi seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress.

Selain itu, lanjutnya, dinkes sejak lama juga telah membentuk 419 Pos Binaan Terpadu (Posbindu) yang digerakkan oleh kader kesehatan yang dilatih secara khusus, dibina atau difasilitasi untuk melakukan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular di wilayah kerjanya.

"Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan fasilitas di 39 puskesmas, di Kota Tangerang," tuturnya.

Dimana seluruh puskesmas di Kota Tangerang telah tersedia layanan Pos Gizi yang dapat dimanfaatkan untuk berkonsultasi terkait gizi secara gratis atau tanpa dipungut biaya.

Masih menurut Dini, Dalam hal obesitas atau kesehatan, tak bisa ditekankan pada Pemkot Tangerang semata.

Sebab ini juga dibutuhkan kesadaran akan kepedulian kesehatan pada masyarakat itu sendiri.

Yakni, rajin mengikuti kegiatan kesehatan yang dihadirkan Posbindu, memanfaatkan layanan yang disediakan, hingga rajin atau memiliki kesadaran untuk rutin melakukan pemeriksaan atau konsultasi kesehatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: