Sekolah Unggulan di Kota Bekasi Diduga Marak Terjadi Pelanggaran PPDB Online Sistem Zonasi

Sekolah Unggulan di Kota Bekasi Diduga Marak Terjadi Pelanggaran PPDB Online Sistem Zonasi

Plt walikota Bekasi Tri Adhianto saat mendatangi SMAN 1 Kota Bekasi-Dokumen Istimewa-

PPDB Online, Bekasi - Pelanggaran proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online, diduga marak terjadi di sekolah unggulan Kota Bekasi. 

Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menjelaskan, pelanggaran PPDB Online banyak ditemukan dalam jalur zonasi. 

"Dugaan pelanggaran kebanyakan terjadi di sekolah unggulan, Jadi semakin sekolah itu difavoritkan, maka angka dugaan pelanggarannya semakin tinggi," ungkap Tri Adhianto saat dikonfirmasi, Selasa 11 Juli 2023. 

Menurutnya banyak para calon siswa yang memanfaatkan adanya jalur zonasi, untuk mengelabui sekolah yang sudah di incar dari sebelumnya. 

Tri Adhianto menjelaskan, ada kelemahan pada aturan siswa yang dapat berpindah alamatnya Kartu Keluarha (KK) minimal 1 tahun sebelum mengikuti PPDB zonasi. 

"Hal tersebut jadi fokus utama kami saat ini. Selain dilakukan evaluasi dan audit secara internal, kami juga akan melaporkan temuan kami ke Kemendikbud untuk dilakukan penyempurnaan," jelasnya.

BACA JUGA :

Secara tegas Tri Adhianto akan mendiskualifikasi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terbukti curang dalam PPDB Sistem Zonasi. 

Sedangkan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), pihaknya akan mengembalikan kepada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat sesuai kewenangannya. 

Di SMAN 1 Kota Bekasi contohnya, Tri Adhianto menemukan perpindahan domisili calon siswa dari alamat orang tua ke rumah saudara yang masuk area zonasi sekolah. 

"Tadi pas kita singkronkan terkait zonasi sekolah dan domisili siswa, memang didapati ada beberapa anak yang domisilinya tuh pindah dari rumah yang lama pindah ke zona tersebut," ucapnya. 

Terkait temuan tersebut, ia akan melapor ke Kemendikbud dan berharap pihaknya dapat mengevaluasi sistem PPDB online jalur zonasi agar penerimaan berjalan sesuai kedepannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: