Ini 5 Pemicu Septic Tank Meledak, Salah Satunya BAB Sambil Merokok

Ini 5 Pemicu Septic Tank Meledak, Salah Satunya BAB Sambil Merokok

Ilustrasi - Buang Air Besar (hellosehat.com)--

Pemicu Septic Tank Meledak - Peristiwa ledakan septic tank terjadi di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan pada Senin 10 Juli 2023. Akibatnya, seorang warga  dirawat di rumah sakit karena kritis alami ledakan tersebut. 

Dugaan sementara, septic tank meledak karena korban diduga merokok sambil buang air besar atau BAB.

Septic tank itu meledak dan hingga hancurkan separuh bangunan rumah. Dugaan sementara, ledakan itu terjadi saat korban menyalakan korek api untuk merokok.

Nah, artikel ini membahas penyebab-penyebab yang memicu septic tank meledak, selain percikan api. 

BACA JUGA:

1. Akumulasi Gas Metana

Proses pembusukan limbah organik dalam septic tank menghasilkan gas metana. Jika gas ini tidak dihilangkan dengan baik atau terperangkap di dalam tank, tekanannya bisa meningkat secara signifikan. Jika terdapat sumber api atau percikan api di sekitar septic tank, ledakan bisa terjadi karena gas metana terbakar.

2. Tekanan Berlebih

Jika septic tank mengalami penumpukan limbah organik yang berlebihan atau terjadi penyumbatan pada saluran pembuangan, tekanan di dalam tank dapat meningkat. Jika tekanan tersebut melebihi batas yang dapat ditahan oleh struktur tank, bisa terjadi keretakan atau bahkan ledakan.

3. Kelebihan Zat Kimia

Penggunaan zat kimia yang berlebihan dalam sistem septik, seperti penggunaan berlebihan deterjen, pemutih, atau bahan kimia rumah tangga lainnya, dapat mengganggu keseimbangan bakteri dalam septic tank. Akibatnya, proses pembusukan limbah organik dapat terganggu dan menghasilkan produksi gas yang tidak stabil.

BACA JUGA:

4. Kurangnya Pemeliharaan

Septic tank yang tidak dipelihara dengan baik, seperti jarang dibersihkan atau tidak direndam secara teratur, dapat mengalami masalah yang mengakibatkan penumpukan padatan atau limbah yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam tank dan potensi kerusakan yang lebih besar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: