Begini Penjelasan Pemkab Bekasi Terkait Penolakan Pembangunan TPST Kertamukti

Begini Penjelasan Pemkab Bekasi Terkait Penolakan Pembangunan TPST Kertamukti

Lokasi rencana pembangunan TPST Kertamukti Bekasi-Tuahta Aldo-

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi buka suara, terkait adanya penolakan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kertamukti.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Donny Sirait mengungkapkan bahwa perencanaan pembangunan sudah disusun sejak tahun lalu.

"Terkait aturan jarak antara permukiman warga dengan TPST, pada awal perencanaan hampir setahun yang lalu perumahan belum sepadat hari ini," ungkap Donny Sirait, Kamis 6 Juli 2023.

BACA JUGA:Rencana Pembangunan TPST Desa Kertamukti Bekasi Mendapat Penolakan Dari Warga Setempat

Menurutnya area itu nantinya bukan dibangun tempat pembuangan sampah, melainkan tempat pengelolaan sampah terpadu. 

"Itu bukan tempat pembuangan sampah, tetapi pengelolaan sampah secara terpadu. Hasil residu yang tidak memiliki nilai ekonomis, saya pastikan tetap di buang ke TPA Burangkeng," jelasnya. 

Donny Sirait menjelaskan, pembangunan TPST Kertamukti melibatkan Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLKH) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA:Warga Tidak Mengetahui TPST Desa Kertamukti Bekasi Akan Dibangun Dekat Dengan Perumahan

"Pembangunan itu melibatkan Kementerian KLHK, PUPR serta Masyarakat. Karena tanggung jawab bersama, jadi masyarakat saya mohon jangan terlalu mengkhawatirkan berlebihan Terkait TPST," ucapnya. 

Sebelumnya pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), mendapat penolakan dari warga di perumahan Taman Kertamukti Residence. 

BACA JUGA:Tercatat 6 Orang Jamaah Asal Bekasi Meninggal Dunia Saat Beribadah di Tanah Suci

Lokasi TPST yang berada Desa Kertamukti, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, dinilai terlalu dekat dengan pemukiman warga. 

Kabar adanya pembangunan TPST baru diketahui oleh warga beberapa waktu belakangan, saat perangkat desa melakukan sosialisasi kepada warga RT 006 / 007.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: