Survei LSJ: Prabowo Subianto Masih Jadi Pilihan Emak-emak di Pilpres 2024

Survei LSJ: Prabowo Subianto Masih Jadi Pilihan Emak-emak di Pilpres 2024

Masyarakat bisa kembali hidup normal.--

Survei LSJ: Prabowo Subianto Masih Jadi Pilihan Emak-emak di Pilpres 2024

Hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) periode 20—29 Juni 2023 menunjukkan sebesar 36,7 persen responden dari kalangan "emak-emak" mengaku akan memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. 

"Di kalangan emak-emak (ibu rumah tangga), Prabowo juga menjadi pilihan utama. Ketika LSJ menanyakan kepada responden siapa yang akan dipilih jika pilpres hanya diikuti oleh Prabowo, Ganjar, dan Anies, sebanyak 36,7 persen responden dari kalangan emak-emak ternyata memilih Prabowo," ujar Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto.

Hal tersebut disampaikan Fetra saat memaparkan hasil survei bertajuk "Dinamika Elektabilitas dan Arah Dukungan Kalangan ASN dan Emak-Emak Jelang Pemilihan Presiden 2024", Senin 3 Juli 2023.

Sementara itu, lanjut Fetra, sebanyak 32,5 persen responden lainnya yang juga dari kalangan "emak-emak" itu mengaku akan memilih Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dan 21,4 persen lainnya mengaku menjatuhkan pilihan pada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Lalu, 9,4 persen lainnya masih belum dapat menentukan pilihannya," ucap dia.

Menurut Fetra, "emak-emak" atau ibu rumah tangga merupakan kelompok pemilih yang cenderung fanatik dan loyal. 

Ia menambahkan pilihan dari kalangan emak-emak biasanya lebih bersifat spontan dan reaktif karena setiap hari mereka merasakan langsung dampak gejolak ekonomi, terutama terkait dengan naik dan turunnya harga bahan-bahan kebutuhan pokok.

Survei yang dilakukan oleh LSJ itu melibatkan sebanyak 1.200 responden yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka berusia minimal 17 tahun atau telah memiliki kartu tanda penduduk (KTP). 

Pengumpulan data yang dilakukan melalui metode wawancara via telepon. Survei tersebut memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dengan margin of error sekitar 2,83 persen.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: