Ada 910 Kamar di Tiga Rusunawa Kota Tangerang Dikhususkan Warga Penghasilan Rendah

Ada 910 Kamar di Tiga Rusunawa Kota Tangerang Dikhususkan Warga Penghasilan Rendah

Rusunawa di Kota Tangerang. --Rikhi Ferdian Untuk FIN

Ada 910 Kamar di Tiga Rusunawa Kota Tangerang Dikhususkan Warga Penghasillan Rendah -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah memiliki tiga rumah susun sewa (rusunawa) sebagai hunian yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Dari tiga rusunawa yang telah dibangun Pemkot Tangerang total ada 910 kamar, dengan berbagai type dan harga sewa yang berbeda-beda.

Rusunawa merupakan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan dan terbagi dalam sekat terpisah untuk digunakan beberapa keluarga.

BACA JUGA:Rusunawa Kota Tangerang Disewakan Rp 90 Ribu Perbulan, Berikut Cara Daftarnya

BACA JUGA:Ada Stok 80 Ribu Ton, Bulog Pastikan Ketersediaan Beras di Kota Tangerang Aman

Status penguasaannya sewa, yang dibangun dengan menggunakan Anggaran Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Fungsi utama dari rusunawa sendiri adalah sebagai hunian.

Kepala Dinas Perkim Kota Tangerang, Sugihharto Achmad Bagdja mengungkapkan tiga rusunawa yang dimiliki di Kota Tangerang, diantaranya Rumah Susun Manis Jaya dengan 464 kamar, Rumah Susun Gebang Raya dengan 396 kamar dan Rumah Susun Cibodas dengan 50 kamar.

"Adapun sasaran utama kebijakan penyediaan perumahan melalui program rusunawa ini tentunya adalah masyarakat berpendapatan rendah (MBR)," ujarnya, dikutip FIN Sabtu 1 Juli 2023.

BACA JUGA:Kawasan Puspem Kabupaten Tangerang Jadi Tempat Pelajar Madol, Satpol PP Turun Tangan!

BACA JUGA:Catat Nih! Seluruh Camat di Kabupaten Tangerang Diminta Buat Ruang Perpustakaan

Ia menjelaskan, pembangunan rusunawa memiliki tujuan, antara lain menjamin terwujudnya rumah susun yang layak huni dan terjangkau. 

Bagi masyarakat berpenghasilan rendah rusunawa berada dalam lingkungan yang sehat, aman, harmonis, dan berkelanjutan dalam suatu sistem tata kelola perumahan dan permukiman yang terpadu.

Selain itu, pembangunan rusunawa juga bertujuan menjamin terselenggaranya pengelolaan rusunawa secara disiplin, terib, dan teratur. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: