Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung, Ridwan Kamil: Utamanya untuk Warga Sekitar Jalur

Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung, Ridwan Kamil: Utamanya untuk Warga Sekitar Jalur

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Tuahta Aldo-

Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung, Ridwan Kamil: Utamanya untuk Warga Sekitar Jalur - Tiket gratis kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan diutamakan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar jalur.

Program naik kereta cepat Jakarta Bandung akan dimulai pada 18 Agustus hingga Oktober 2023.

“Program pada 18 Agustus sampai Oktober, tiket gratis akan didahulukan untuk warga yang ada di sekitar jalur kereta api cepat ini,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Masjid Agung Sumedang, Jawa Barat, Jumat, 23 Juni 2023.

Dia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi tentang skema tiket gratis KCJB. Tujuannya agar bisa terbagi secara adil kepada masyarakat.

BACA JUGA:

“Nanti akan diatur keadilan mendapatkan tiketnya seperti apa,” ujarnya.

Selain itu, Ridwan Kamil mengatakan pemerintah belum menetapkan tarif tiket KCJB.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan masyarakat yang berdomisili di sekitar Proyek KCJB akan diajak untuk mencoba menumpang kereta cepat tersebut.

Menurutnya, hal tersebut merupakan instruksi Presiden Joko Widodo agar masyarakat pun sama-sama bisa merasakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara.

BACA JUGA:

Luhut bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumad telah menguji coba kereta dengan kecepatan maksimum 385 kilometer per jam tersebut.

Luhut mengatakan perjalanan dari Stasiun Halim ke Padalarang memakan waktu sekitar 30 menit dan hingga ke Stasiun Tegalluar itu memakan waktu totalnya sekitar 45 menit.

Dia memastikan uji coba itu berjalan dengan baik tanpa adanya kendala. Bahkan, kata dia, perjalanan kereta cepat itu pun cukup nyaman meski dalam kondisi kecepatan tinggi.

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan terus melakukan pengawasan secara intensif bersama dengan pihak konsultan dari Eropa dan melakukan serangkaian uji coba (commissioning test) sebelum mengeluarkan izin operasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: