Lifestyle

Wisata Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang: Sejarah, Keunikan, dan Harga Tiketnya

fin.co.id - 22/06/2023, 17:36 WIB

Wisata Candi Gedong Songo Semarang: Sejarah, Keunikan, dan Harga Tiketnya

Candi Gedong Songo -  Kabupaten Semarang merupakan sebuah daerah yang menyimpan banyak destinasi wisata menarik, salah satunya adalah kompleks Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo tidak hanya menawarkan arsitektur yang indah, tetapi juga pemandangan yang menakjubkan dengan suasana yang sejuk.

Meskipun kompleks ini hanya terdiri dari lima candi yang utuh, bukan sembilan seperti namanya, tetapi tetap memiliki daya tarik yang unik.

BACA JUGA: 4 Tempat Wisata Alam Kampar yang Memesona dan Memanjakan Mata Saat Liburan

Sejarah Candi Gedong Songo

Menurut catatan dari situs Peta Budaya Kemdikbud, kompleks Candi Gedong Songo diperkirakan dibangun pada masa Dinasti Sanjaya. Hal ini terlihat dari kemiripan arsitektur candi ini dengan kompleks candi di Dieng, Wonosobo, yang memiliki latar belakang Hindu.

Candi-candi ini pertama kali ditemukan oleh seorang bernama Loten pada tahun 1740 M. Pada tahun 1840 M, Gubernur Thomas Stamford Raffles melaporkan penemuan tujuh candi dan kompleks ini dikenal dengan nama Candi Pitoe.

Namun, kemudian arkeolog Belanda, Van Stein Callenfels pada tahun 1908 dan Knebel pada tahun 1911, menemukan dua candi lainnya sehingga kompleks ini dikenal sebagai Candi Gedong Songo.

Pada tahun 1931, kompleks Candi Gedong Songo mulai diperbaiki secara bertahap oleh Dinas Purbakala pada masa pemerintahan Belanda. Pemerintah Indonesia juga melanjutkan pemugaran dari tahun 1972 hingga 1982.

BACA JUGA: Rekomendasi Destinasi Wisata saat Liburan Sekolah, Ada Pantai Lovina dengan Keindahan Bawah Lautnya

Pada tahun 1997, kompleks ini dikelola oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Tengah. Pada tahun 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Candi Gedong Songo sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional melalui SK Nomor 195/M/2015 pada tanggal 26 Oktober 2015.

Keunikan dari Kompleks Candi yang Tidak Berjumlah Sembilan

Meskipun nama Candi Gedong Songo mengindikasikan adanya sembilan candi, ternyata hanya ada lima candi utuh dalam kompleks ini.

Candi-candi tersebut dibagi menjadi Candi Gedung I hingga Candi Gedung V yang terletak di puncak kompleks. Selebihnya adalah reruntuhan candi.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Tempat Wisata Wajib di Bali, Cocok Dikunjungi Bareng Keluarga

Admin
Penulis
-->