Cegah Kanker Serviks! Ada Layanan IVA Test Gratis Nih Buat Wanita di Tangerang, Begini Cara Daftarnya

Cegah Kanker Serviks! Ada Layanan IVA Test Gratis Nih Buat Wanita di Tangerang, Begini Cara Daftarnya

Layanan Iva Test Gratis di Kota Tangerang Untuk Mendeteksuki Kanker Mulut Rahim Sedini Mungkin. --Rikhi Ferdian Untuk FIN

Cegah Kanker Serviks! Ada Layanan IVA Test Gratis Nih Buat Wanita di Tangerang, Begini Cara Daftarnya --Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memiliki layanan khusus Inpeksi Visual Azam Asesat (IVA) Test secara gratis untuk wanita Kota Tangerang. 

Iva Test merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

Dengan tujuan mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim.

BACA JUGA:Penjual Hewan Kurban di Kota Tangerang Diwanti-wanti Soal Ini Oleh Pemkot

BACA JUGA:KPU Kota Tangerang Tetapkan DPT Pemilu 2024, Segini Jumlahnya!

Dalam hal ini, sebagai pencegahan sedini mungkin terhadap kasus kanker serviks yang kerap menyerang kaum wanita. 

Tidak tanggung-tanggung, layanan Iva Test gratis ini bisa didapati masyarakat Kota Tangerang di 39 puskesmas yang tersebar di Kota Tangerang. 

"Dengan program ini, diharapkan wanita di Kota Tangerang bisa lebih peduli terhadap kesehatannya, terutama tidak segan melakukan pemeriksaan dini, untuk pencegahan sedini mungkin," kata Kepala Dinkes, Kota Tangerang Dini Anggraeni, Rabu 21 Juni 2023.

Dia pun mengajak wanita di Kota Tangerang bisa memanfaatkan program tanpa mengeluarkan biaya yaitu gratis diseluruh puskesmas yang terdekat dengan pemukiman.

BACA JUGA:Berakibat Kematian, Dinkes Kota Tangerang Imbau Warga Waspadai Leptospirosis, Kenali Gejalanya

BACA JUGA:Dinkes Kota Tangerang Sidak Apotek dan Klinik, Khawatir Obat Sirup Masih Dijual Bebas

Untuk mendapat layanan Iva Test gratis masyarakat hanya perlu membawa foto copy KTP atau BPJS, dengan ketentuan tidak dalam kondisi hamil, belum menopose dan tidak berhubungan seksual 24 jam sebelum waktu pemeriksaan. 

"Ayo manfaatkan layanan ini, di seluruh Puskesmas yang ada. Ini untuk mencegah kanker leher rahim bagi semua Wanita usia subur, yakni 30-50 tahun yang telah menikah atau aktif secara seksual," tuturnya. 

"Terkait jadwal pelayanan, masyarakat tinggal daftar dan cek jadwalnya di masing-masing puskesmas yang ingin dituju," tambahnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: