Tarif Rp3.500, TransJakarta Rute Terminal Kalideres - Bandara Soetta Dibuka untuk Umum

Tarif Rp3.500, TransJakarta Rute Terminal Kalideres - Bandara Soetta Dibuka untuk Umum

Ilustrasi TransJakarta.-PT Transportasi Jakarta-transjakarta.co.id

TransJakarta Rute Terminal Kalideres - Bandara Soetta - TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) direncanakan melayani masyarakat umum secara terbatas. 

"Jika angkutan karyawan maka setiap yang naik biasanya gratis. Ini kenapa dianggap layanan umum karena membayar tarif tertentu," kata Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, Jumat 16 Juni 2023.

Syafrin menjelaskan, saat ini untuk pemberhentian menuju kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) masih dibatasi sehingga tidak sama seperti layanan reguler TransJakarta pada umumnya.

Karenanya, lanjut dia, masyarakat yang ingin mencoba layanan TransJakarta Bandara Soetta harus mau menunggu di dua lokasi yang sudah ditentukan oleh pihak terkait.

BACA JUGA:AP II: TransJakarta di Bandara Soekarno Hatta Masih Dibahas dengan Instansi Terkait

"Layanannya itu hanya berhenti di kantor PT Angkasa Pura II dan juga terminal kargo," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Keselamatan PT TransJakarta Daud Joseph menambahkan nantinya pemberhentian rute tersebut tidak di terminal penumpang.

"Itu akan melewati jalur yang sebelumnya belum kita lewati yaitu Perumahan Citra Jakarta Barat sampai daerah Rawa Bokor jika sudah disetujui," ujar Daud.

Selain itu, dia juga menargetkan setiap perjalanan rute ke Bandara Soekarno-Hatta nantinya berpotensi 5.000 pelanggan per harinya menyesuaikan jumlah pekerja di Bandara Soetta mencapai berkisar 40.000-50.000 orang.

BACA JUGA:Asyik! Menpan RB Bahas Alternatif Libur Iduladha Jadi 2 Hari

Dalam kesempatan berbeda, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, bus TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tidak hanya melayani karyawan bandara internasional itu saja, tetapi juga masyarakat umum.

Selain itu, Heru menyebutkan, tarif TransJakarta Bandara Soetta masih sama seperti tarif subsidi, yakni sebesar Rp3.500.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan bus TransJakarta untuk pekerja di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten dan uji coba akan dilakukan pada Juli 2023.

Rencananya, jam operasional bus TransJakarta itu pada pukul 06.00-09.00 WIB dan jam 18.00-21.00 WIB.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: