Terungkap! Ini Alasan Mahfud MD Ogah Jadi Cawapres Anies Baswedan di Pemilu 2024

Terungkap! Ini Alasan Mahfud MD Ogah Jadi Cawapres Anies Baswedan di Pemilu 2024

Menko Polhukam sekaligus Ketua Komite TPPU Mahfud MD saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, Jakarta, Rabu 29 Maret 2023. -Ricardo/JPNN.com---

Mahfud MD Tolak Jadi Cawapres Anies di Pemilu 2024 - Tawaran menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies baswedan ditolak Menko Polhukam Mahfud MD.

Mahfud mengaku sempat ditawari menjadi cawapres oleh Presiden PKS Akhmad Syaikhu untuk berpasangan dengan Anies Baswedan.

"Kepada Pak Syaikhu waktu ke rumah bersama Al Muzzammil kan beliau menjajaki untuk mencari cawapres-nya Anies, antara lain bertanya, 'Pak Mahfud bersedia tidak? (Saya jawab) tidak," kata Mahfud MD, Senin 5 Juni 2023.

Syaikhu yang dimaksud Mahfud adalah Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sedangkan Al Muzzammil yang dimaksud adalah Al Muzzammil Yusuf, politisi PKS yang menjabat sebagai anggota DPR RI.

BACA JUGA:Pemerintah Dituduh Jegal Capres, Mahfud MD Gerah: Tolong Anies Dijaga agar Tetap Dapat Tiket Pilpres 2024

Mahfud MD juga menjelaskan pesannya kepada mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Denny Indrayana terkait Pemilu 2024.

"Kan Denny itu, bilang ditugaskan oleh Pak Mahfud untuk menjaga Anies agar demokrasi hidup dan dia dapat tiket, memang iya karena dia (Denny) kan selalu menuduh pemerintah itu mau menjegal Anies," ucapnya

Mahfud mengatakan, jika Denny juga menuduh ada upaya menggagalkan pemilu, memperpanjang masa jabatan presiden, hingga menunda pemilu. 

"Kalau gitu bagi tugas, 'Kamu saya tugaskan jaga Anies, agar demokrasi hidup dan tidak lagi menuduh pemerintah', itu maksud saya," jelas Mahfud.

BACA JUGA:Cawapres Anies Baswedan Sudah Diputuskan Satu Nama

Menurut Mahfud, bila Denny Indrayana berpikir ada upaya untuk menggagalkan pemilu maka sebaiknya Denny melaporkannya langsung kepada Mahfud.

"Kalau ada oknum, pemerintah, oknum ya, ya bilang saya. Nah saya yang jaga pemilu-nya. Jangan dituduh mau gagalkan pemilu. Saya yang jaga agar pemilu-nya jadi, bagi tugas gitu dan saya beri tugas itu bukan hanya kepada Denny," tambah Mahfud.

Namun, alasan Mahfud menolak tawaran dipasangkan dengan Anies Baswedan adalah karena Mahfud menilai Anies didukung dari partai-partai yang bisa mengajukan cawapres sendiri.

Menurut Mahfud, alasan dirinya menolak menjadi cawapres Anies karena di koalisi tersebut ada NasDem, Demokrat dan PKS yang memiliki banyak cawapres partai sendiri. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: