KRI Bung Karno Resmi Beroperasi, Ini Spesifikasi dan Deretan Persenjataannya

KRI Bung Karno Resmi Beroperasi, Ini Spesifikasi dan Deretan Persenjataannya

KRI Bung Karno 369-TNI AL-TNI AL

KRI Bung Karno Resmi Beroperasi, Ini Spesifikasi dan Deretan Persenjataannya - KRI Bung Karno-369 resmi beroperasi dan akan menjadi salah satu kapal kepresidenan.

KRI Bung Karno diresmikan pengoperasionalannya oleh Presiden kw-5 RI Megawati Soekarnoputri disaksikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di Dermaga Kolinlamil TNI AL, Jakarta, Kamis, 1 Juni 2023.

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan KRI Bung Karno-369 merupakan kapal perang RI jenis korvet.

KRI Bung Karno merupakan kapal perang pertama yang desainnya dibuat oleh perusahaan dalam negeri, dan seluruh proses pembuatannya juga dibuat di Indonesia.

BACA JUGA:

Dijelaskannya, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) KRI Bung Karno-369 mencapai 80 persen, atau hanya 20 persen komponen kapal yang didatangkan dari luar negeri.

“Ini desain dari anak bangsa sendiri langsung, ini suatu kemajuan menurut saya. Dan ini, di bidang permesinan, kita masih dari luar, tetapi dari desain kemudian platform, kemudian sistem komunikasi sudah menggunakan banyak peralatan dalam negeri. Ini (TKDN) sudah 80 persen,” katanya, Kamis, 1 juni 2023.

KRI Bung Karno-369, yang dibuat oleh PT Karimun Anugrah Sejati di Batam, Kepulauan Riau.

KRI Bung Karno-369 nantinya akan digunakan untuk kapal kepresidenan menggantikan KRI Barakuda-633 yang telah beroperasi selama 27 tahun.

BACA JUGA:

Laksamana Ali menjelaskan kapal perang itu nantinya memperkuat Komando Armada (Koarmada) I dan tugas pokoknya untuk peperangan permukaan dan peperangan antiserangan udara.

“Kapal ini nanti akan dilengkapi sesuai dengan fungsi, asasi dari korvet itu sendiri, tetapi tugas pokoknya lebih ke arah peperangan permukaan dan peperangan antiudara. Jadi, nanti dilengkapi dengan peluru kendali, baik surface-to-surface missile untuk antipermukaan kemudian meriamnya juga diganti dengan kaliber yang lebih besar, kemudian dilengkapi dengan surface-to-air missile untuk antiudara,” kata Muhammad Ali.

Beberapa tipe senjata yang akan memperkuat KRI Bung Karno-369, di antaranya satu Meriam Leonardo 40 mm, dua senapan mesin berat 20 mm, dan dua peluncur rudal permukaan ke udara, torpedo, dan sonar.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: