Petugas Pemeriksaan Barang Asrama Haji Bekasi Temukan Barang Terlarang di Koper Jamaah

Petugas Pemeriksaan Barang Asrama Haji Bekasi Temukan Barang Terlarang di Koper Jamaah

Asrama Haji Embarkasi Jakarta - Bekasi-Tahta Aldo-

Asrma Haji Bekasi - Petugas pemeriksaan barang bawaan calon jamaah haji asal Jawa Barat, kerap menemukan barang bawaan yang dilarang dalam penerbangan.

Berdasarkan pantauan fin.co.id di Asrama Haji Embarkasi Jakarta - Bekasi, koper jamaah akan melalui pemeriksaan X-Ray terlebih dahulu di ruangan khusus sebelum dibawa ke bandara.

"Terkait temuan barang bawaan jemaah haji yang dilarang oleh penerbangan, memang masih ada, tapi tidak signifikan, ada beberapa jamaah haji yang memang mencoba coba gitu ya," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil) Provinsi Jawa Barat, Ajam Mustajam, Kamis 1 Juni 2023.

Menurutnya calon jamaah haji sebelumnya sudah diinformasikan di wilayah masing-masing, terkait barang apa saja yang dilarang untuk dibawa.

BACA JUGA:Asrama Haji Embarkasi Jakarta Bekasi Siapkan X-Ray dan Petugas untuk Menangani Barang Jemaah Haji

Namun, sejumlah calon jamaah haji memang ingin mencoba memasukan barang yang dilarang untuk dimasukkan ke dalam koper.

"Sesungguhnya bukan tidak tahu, mereka sudah mendapatkan informasi ketika bimbingan manasik haji, baik di tingkat kabupaten/kota maupun di KUA," ungkapnya.

Mayoritas barang bawaan calon jamaah haji yang biasa ditemukan oleh petugas diantaranya, gunting, alat cukur, korek api dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Asrama Haji Embarkasi Jakarta Bekasi, Persiapkan 6 Gedung Lengkap Dengan Fasilitas Bagi Jamaah

Ajam Mustajam menghimbau kepada calon jamaah haji Jawa Barat, untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan agar proses ibadah haji berjalan lancar.

"Khususnya untuk jamaah haji Jawa Barat jangan terganggu dengan kegiatan atau barang-barang bawaan yang akan mengganggu proses pemberangkatan jemaah itu sendiri," ucapnya.

Barang bawaan yang dilarang untuk dibawa, sementara waktu diamankan dan bisa di ambil oleh pihak keluarga atau dikembalikan ke rumah sebelum jamaah berangkat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: