Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit 2023, Ini Syarat dan Tahapannya

Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit 2023, Ini Syarat dan Tahapannya

Ilustrasi Beasiswa, oleh Gerd Altmann dari Pixabay --

Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit 2023 - Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran seleksi program Gelar Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) tahun 2023. 

Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) dibuka mulai 5 Juni sampai 25 Juni 2023.

"Kita buka kembali seleksi Program Gelar BIB 2023. Pendaftaran dibuka dari 5 sampai 25 Juni 2023," ujar Sekjen Kemenag Nizar Ali di Jakarta, Selasa 30 Mei 2023.

Beasiswa Gelar BIB merupakan program beasiswa pendidikan untuk mendapatkan gelar akademik pada strata S1 (Sarjana), S2 (Magister), dan S3 (Doktor) pada perguruan tinggi di dalam negeri atau di luar negeri.

BACA JUGA:Pemerintah Anggarkan Rp2.044 Triliun untuk 5 Program Prioritas 2024, Ini Daftar Rinciannya

Program tersebut berupa beasiswa penuh bagi pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi dan memenuhi persyaratan keberangkatan untuk menempuh pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3 di dalam atau luar negeri untuk perguruan tinggi tujuan yang ditetapkan Kemenag.

"Program Gelar BIB 2023 difokuskan untuk pemangku kepentingan keluarga besar Kemenag. Beasiswa ini juga terbuka untuk semua agama," kata dia.

Menurut Nizar, program Gelar BIB 2023 bertujuan meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan keagamaan, dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi.

"Ini bagian dari afirmasi kita agar mereka yang selama ini mengabdikan dirinya dalam pendidikan agama dan keagamaan juga bisa mendapat akses beasiswa kuliah S1, S2, atau S3," kata dia.

BACA JUGA:Link Pendaftaran Beasiswa ADik 2023, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Menurutnya, informasi jenis, ketentuan, dan persyaratan pendaftaran program Gelar BIB 2023 dapat diakses melalui Aplikasi Superapps Pusaka Kementerian Agama pada menu Layanan Terpadu dengan judul ‘Beasiswa Indonesia Bangkit’.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M. Ali Ramdhani mengatakan proses seleksi penerima program Gelar BIB 2023 dibagi dalam tiga tahap.

Pertama, seleksi administrasi yang akan berlangsung 26 Juni hingga 2 Juli 2023. Hasil seleksi administrasi diumumkan pada 5 Juli 2023.

Kedua, seleksi skolastik dan psikotes. Tahap ini diikuti para peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Tahapannya dilaksanakan pada 7 hingga 12 Juli 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: