Pendaftaran Beasiswa ADEM 2023 dan Beasiswa ADik 2023 untuk Siswa-Siswi Papua Dibuka

Pendaftaran Beasiswa ADEM 2023 dan Beasiswa ADik 2023 untuk Siswa-Siswi Papua Dibuka

Beasiswa ADiK 2023--

Pendaftaran Beasiswa ADEM 2023 dan Beasiswa ADik 2023 untuk Siswa Papua Dibuka

Pendaftaran Beasiswa ADEM 2023 telah dibuka bagi siswa-siswi asli Papua yang berprestasi. 

Dinas Pendidikan dan Pengajaran Jayapura menyebut, beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) di Kabupaten Jayapura, Papua telah masuk tahapan awal pendaftaran pada Mei 2023.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Jayapura Eqberth C. Kopeuw mengatakan, program Adem adalah untuk pelajar berprestasi yang mendaftarkan diri dan lolos seleksi yang dapat beasiswa tersebut.

“Saat ini sedang memulai proses pendaftaran bagi para calon siswa penerima beasiswa Adem, ini diprioritaskan bagi siswa-siswi asli Papua yang berprestasi,” kata Eqberth dilansir dari Antara, Kamis 25 Mei 2023.

BACA JUGA:Daftar 17 Gubernur dan 153 Bupati Wali Kota Habis Jabatan September 2023

Menurut Eqberth, program Adem ini sendiri merupakan program yang digagas UP4B bersama Direktorat Pembinaan PKLK Dikmen Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2013.

“Siswa dari Kabupaten Jayapura yang lolos Adem akan mengikuti pendidikan pada tingkat SMA/SMK di pulau Jawa dan Bali,” ujarnya.

Dia menjelaskan siswa yang akan dinyatakan lolos seleksi akan melanjutkan pendidikan pada sekolah-sekolah pilihan guna meningkatkan sumber daya manusia Papua.

“Tujuannya adalah untuk melakukan percepatan pembangunan dengan menyiapkan generasi unggul masa depan Kabupaten Jayapura,” katanya lagi.

BACA JUGA:MK Putuskan Masa Jabatan Pimpinan KPK Diperpanjang, Novel Baswedan: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun

Dia menambahkan sudah ada siswa unggulan yang mengikuti program beasiswa Adem ini yang kemudian kembali ke Kabupaten Jayapura untuk membangun daerah dengan kemampuan yang dimiliki.

“Setelah siswa menyelesaikan pendidikan di luar Papua kami berharap mereka akan kembali untuk membangun daerahnya, seperti siswa-siswa yang ada,” ujarnya lagi.

Diketahui, Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2023 memberikan program beasiswa Affirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) sebanyak 200 lulusan SMA sederajat putra daerah Biak, Papua.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: