Bebaskan Pilot Susi Air dari KKB Papua, Satgas Damai Cartenz Siapkan Langkah Penegakan Hukum

Bebaskan Pilot Susi Air dari KKB Papua, Satgas Damai Cartenz Siapkan Langkah Penegakan Hukum

Pilot Susi Air Philip Mark Mahrtens bersama KKB yang menyanderanya. (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)--

Bebaskan Pilot Susi Air dari KKB Papua, Satgas Damai Cartenz Siapkan Langkah Penegakan Hukum - Satgas Damai Cartenz menyiapkan langkah penegakan hukum untuk membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Namun, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan hingga saat ini pihaknya masih lebih mengutamakan negosiasi agar KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya mau membebaskan pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

“Saya sudah berbicara dengan berbagai pihak tentang proses negosiasi ini termasuk dengan pihak gereja yang di dalamnya ada Dewan Gereja dan Uskup agar semaksimal mungkin melakukan negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya sehingga pilot dibebaskan,” jelasnya, Kamis, 25 Mei 2023.

Meski negosiasi terus dilakukan, namun Satgas Damai Cartenz sudah menyiapkan langkah-langkah penegakan hukum yang tepat, tegas dan terukur.

BACA JUGA:

Dia menegaskan negosiasi dapat dilakukan dengan siapa saja.

Sebab dari awal sudah dilakukan dengan Pemda Nduga yang bekerja sama dengan kapolres serta ada Komnas HAM yang menawarkan diri untuk membantu.

Pihaknya juga sudah mengirim tim khusus yang berupaya melakukan negosiasi serta memfasilitasi semua pihak yang ingin membantu dalam pembebasan pilot yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Saya berharap negosiasi tersebut membawa hasil yang baik, karena kita memberikan kesempatan kepada kelompok Egianus agar mengembalikan pilot melalui jalur negosiasi secara baik, termasuk bantuan dari Gereja Kingmi yang nantinya akan mengutus orang kepercayaannya untuk melakukan negosiasi ,” jelas Fakhiri.

BACA JUGA:

KKB pimpinan Egianus Kogoya menawan sandera Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens sejak tanggal 7 Pebruari lalu sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro.

Egianus Kogoya dan kelompoknya juga membakar pesawat yang dikemudikan Philip.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: