Harap Tenang! Pengembang Rumah Subsidi Dapat bantuan PSU Dari Pemerintah

Harap Tenang! Pengembang Rumah Subsidi Dapat bantuan PSU Dari Pemerintah

Salah satu contoh perumahan subsidi yang mendapat bantuan PSU berupa pembangunan jalan di Garut, Jawa Barat-Istimewa-Kementerian PUPR

Bantuan PSU bagi pengembang rumah subsidi - Para pengembang perumahan bersubsidi kini bisa memanfaatkan berbagai macam komponen bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) yang dibangun Kementerian PUPR. 

Tak hanya jalan lingkungan perumahan, Kementerian PUPR juga siap menambah sejumlah komponen PSU lainnya seperti jaringan air bersih, pengolahan persampahan hingga akses jalan ke lokasi perumahan agar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa memiliki rumah layak huni.

"Bantuan PSU ini  juga menjadi insentif bagi pengembang rumah subsidi karena tiga tahun harga rumah tidak mengalami kenaikan," ujar Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur dalam keterangan tertulisnya, Selasa 23 Mei 2023.  Dasar dari pemberian bantuan PSU itu adalah Peraturan Menteri PUPR Nomor 7 Tahun 2022. Fitrah mengatakan setidaknya ada empat bantuan PSU yang akan diberikan Kementerian PUPR untuk perumahan bersubsidi.

Menurut Fitrah, pembangunan rumah subsidi sangat diperlukan untuk membantu MBR memiliki rumah layak huni dengan harga terjangkau. Selain itu, juga mendukung Program Sejuta Rumah yang mampu menggerakkan 174 sektor industri perumahan di Indonesia.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Fitrah menambahkan, beberapa komponen bantuan PSU yang siap disalurkan kepada pengembang perumahan bersubsidi diantaranya adalah jalan lingkungan, jaringan air bersih, pengelolaan persampahan serta akses jalan menuju lokasi perumahan tersebut.

Apabila pengembang perumahan bisa membangun minimal 100 unit rumah, maka bantuan PSU bisa diberikan 50 persen dari site plan yang ada.

"Kami juga mengajak Pemda setempat untuk menggerakkan para pengembang lokal dan komersial di daerahnya agar mereka juga membangun rumah subsidi. Meskipun margin keuntungannya lebih kecil, tapi manfaat pembangunan rumah subsidi itu membawa dampak ikutan lainnya seperti bergeraknya 174 industri di bidang perumahan," katanya.

Salah seorang pengembang perumahan bersubsidi dari Kabupaten Garut yang juga menjabat sebagai Direktur PT. Mitra Budiman Propertindo, Irfan Razinurdin mengaku lebih senang membangun rumah bersubsidi dibanding komersial. 

BACA JUGA:

Menurutnya bantuan PSU pemerintah mampu menutupi minimnya margin keuntungan penjualan rumah tersebut.

"Kami sudah membangun lebih dari 20 perumahan bersubsidi di Garut. Dengan bantuan PSU ini fasilitas di rumah subsidi akan semakin baik dan tentu membuat target pasar perumahan yakni MBR bisa memiliki rumah bersubsidi," terangnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: