Daftar 5 Virus Komputer Paling Berbahaya yang Wajib Kamu Tahu, Nomor 3 Bikin Gagal Fokus!

Daftar 5 Virus Komputer Paling Berbahaya yang Wajib Kamu Tahu, Nomor 3 Bikin Gagal Fokus!

Ilustrasi virus komputer-Istimewa-

Virus komputer paling berbahaya - Kejahatan siber saat ini banyak macamnya, mulai dari peretasan hingga virus atau malware yang melumpuhkan perangkat. 

Serangan digital ini jelas sangat merusak. Beberapa bahkan menyebabkan kerugian yang nilainya tidak sedikit. 

Maka itu, mengetahui informasi ini sejatinya sangat menguntungkan bagi kalian. Paling tidak, agar kalian mawas diri dan berhati-hati dalam menjaga perangkat kalian. 

Bagi yang aktif menggunakan komputer dalam keseharian, penting untuk mengetahui apa saja ragam jenis virus komputer agar bisa terhindar dari bahayanya.

BACA JUGA:

Berikut ini adalah 5 virus komputer paling berbahaya di dunia

1. Virus WannaCry

Ditemukan pada Mei 2017, WannaCry adalah salah satu jenis ransomware paling terkenal yang pernah ada. WannaCry dirancang untuk mengenkripsi file di komputer dan meminta uang tebusan.

Virus komputer ini terbilang unik karena menyebar dengan cepat ke seluruh jaringan komputer dengan mengeksploitasi kerentanan di sistem operasi Windows yang sudah ketinggalan zaman.

Virus WannaCry telah menginfeksi lebih dari 230.000 komputer di lebih dari 150 negara dan menyebabkan kerugian senilai miliaran dolar pada institusi kesehatan dan perusahaan besar.

2. Virus Melissa

Virus Melissa pertama kali terlihat pada Maret 1999, menyebar ke publik melalui forum internet dan email yang menawarkan kredensial masuk gratis ke situs web dewasa.

BACA JUGA:

Virus ini dikirim melalui dokumen Microsoft Word dengan makro tertanam yang, ketika dibuka, akan menjalankan kode berbahaya. Jika makro diaktifkan, Melissa menyebarkan diri ke 50 kontak pertama pengguna.

Perangkat yang terinfeksi mengalami pengiriman massal dan perlambatan. Tujuan virus ini tidak selalu untuk mencuri data dalam jumlah besar tetapi untuk mengganggu sebanyak mungkin jaringan komputer.

Nyatanya, Melissa menyebar begitu cepat sehingga membuat kewalahan dan mematikan server email lebih dari 300 organisasi besar di seluruh dunia.

3. Virus ILOVEYOU

ILOVEYOU, juga dikenal sebagai surat cinta atau virus LoveBug, pertama kali ditemukan pada Mei 2000. Malware dikirimkan ke jutaan pengguna sebagai lampiran email dengan baris subjek "ILOVEYOU".

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: