Pengumuman! Google Bakal Hapus Akun Tidak Aktif Akhir 2023, Ini Alasannya

Pengumuman! Google Bakal Hapus Akun Tidak Aktif Akhir 2023, Ini Alasannya

Ilustrasi Google-Istimewa-

Google hapus akun tidak aktif - Bagi kalian yang memiliki akun Gmail namun tidak aktif selama 2 tahun, sebaiknya waspada. Pasalnya, google bakal menghapus akun Gmail yang sudah lama tidak digunakan. 

Informasi tersebut diberitahukan Google melalui keterangan resminya, Sabtu 20 mei 2023, sebagaimana dikutip fin.co.id sebagai berikut. 

"Mulai akhir tahun ini, jika ada akun Google yang tak digunakan atau tak sign in selama 2 tahun, kami akan menghapus akun beserta konten di dalamnya," demikian tulis Google. 

Tak hanya akun Gmail yang akan terdampak oleh kebijakan ini, melainkan seluruh ekosistem di Google Workspace. Antara lain mencakup Docs, Drive, Meet dan Calendar.

BACA JUGA:

Tak hanya itu, akun YouTube dan Google Photos juga turut bakal dihapus kalau tak aktif selama 2 tahun. Google mengatakan kebijakan ini sudah berlaku, namun penghapusan dimulai pada Desember 2023 mendatang.

"Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan banyak notifikasi beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi akan dikirim ke alamat email utama dan email recovery (jika tersedia)," kata Google.

Kebijakan penghapusan akun ini dilakukan untuk menjaga keamanan pengguna. Menurut Google, akun yang tak aktif rentan dieksploitasi penjahat siber.

Hal ini dikarenakan akun Google yang lama tak terpakai kerap tak mengaktifkan fitur keamanan verifikasi-2-faktor (2-step-verifcation).

BACA JUGA:

"Akun yang tak memakai fitur verifikasi-2-faktor) lebih rentan mengalami pencurian identitas dan menjadi korban konten berbahaya," Google menjelaskan.

Terakhir, Google mengatakan kebijakan ini hanya berlaku untuk akun personal. Jadi, akun bisnis atau organisasi tak bakal dihapus meski tak aktif selama 2 tahun.

Jika kalian tak ingin akun Gmail dan Google lainnya tiba-tiba musnah, sebaiknya sign in ke akun kalian secepatnya. Selain itu, kamu juga bisa mulai aktif menggunakan akun tersebut.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: