Bertemu Lagi dengan Zelenskyy, Jokowi: Indonesia Siap Jembatani Perdamaian Rusia-Ukraina

Bertemu Lagi dengan Zelenskyy, Jokowi: Indonesia Siap Jembatani Perdamaian Rusia-Ukraina

Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dan mitra yang digelar di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu (21/5/2023). -Biro Pers Sekretariat Presiden-Biro Pers Sekretariat Presiden

Bertemu dengan Zelenskyy, Jokowi: Indonesia Siap Jembatani Perdamaian Rusia-Ukraina - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Keduanya bertemu pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dan mitra yang digelar di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu, 21 Mei 2023.

Dalam pertemuan dengan Zelenskyy, Jokowi mengatakan akan membantu menjembatani perdamaian Rusia dan Ukraina.

"Presiden Zelenskyy, saya ikuti terus perkembangan situasi di Ukraina. Turut berduka atas korban yang terus berjatuhan," ujar Jokowi dalam pengantarnya sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu, 21 Mei 2023.

BACA JUGA:

Presiden Jokowi menegaskan Indonesia terus mendukung upaya perdamaian di Ukraina dan menyatakan kesiapannya untuk menjadi jembatan perdamaian.

"Indonesia siap jadi jembatan perdamaian antara Ukraina dan Rusia," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Presiden Zelenskyy menyampaikan apresiasi atas peran Indonesia untuk mengupayakan perdamaian di Ukraina.

Presiden Zelenskyy masih ingat bahwa Presiden Jokowi adalah salah satu dari pemimpin negara yang pertama berkunjung ke Kyiv di tengah situasi sulit yang dihadapi Ukraina.

BACA JUGA:

"Saya ingat kedatangan Yang Mulia, termasuk yang pertama ke Ukraina. Terima kasih dan kami akan selalu ingat," ucap Zelenskyy.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin juga berbicara mengenai masalah pangan, sebagaimana yang telah dibahas di Kyiv beberapa waktu yang lalu. 

Presiden Jokowi menyampaikan dukungan terhadap perpanjangan Black Sea Grain Initiative.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: