Pertemuan Jokowi dengan Paguyuban Tionghoa Tak Bahas Politik

Pertemuan Jokowi dengan Paguyuban Tionghoa Tak Bahas Politik

Presiden Joko Widodo beraudiensi dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/5/2023). --

Pertemuan Jokowi dengan Paguyuban Tionghoa Tak Bahas Politik

Ketua Umum Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Ardy Susanto menyatakan audiensi antara Presiden Joko Widodo dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) tidak membahas soal politik.

"Pertemuan PSMTI dengan Presiden Jokowi merupakan silaturahim dan komitmen masyarakat Tionghoa mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dan keberlanjutan program-program Jokowi nantinya. Tidak membahas politik sama sekali," kata Ardy di Jakarta, Jumat 19 Mei 2023.

Dia mengatakan PSMTI mengapresiasi kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, yang proses pembangunannya mendorong pertumbuhan ekonomi mulai tumbuh, pengendalian COVID-19, serta menjaga situasi politik menjelang Pemilu Serentak 2024.

"Tetapi, Pak Jokowi sebentar lagi sudah selesai. Kami terus mendukungnya dan meminta arahan ke depannya seperti apa," tambah Ardy yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Umum PSMTI.

BACA JUGA:Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia Protes, Logonya Dipakai Menyelenggarakan Muktamar

Dia pun meluruskan pernyataan Pembina PSMTI Hary Tanoesoedibjo yang menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia keturunan China mendukung bakal capres pilihan Jokowi untuk Pemilu 2024.

Ardy menegaskan pernyataan Hari Tanoe itu merupakan pernyataan pribadinya dan tidak mewakili PSMTI. 

Menurut dia, setiap pribadi berhak menyampaikan pandangan dan pilihan politik karena hal itu dijamin konstitusi.

"Namun, pilihan politik tidak boleh menarik-narik organisasi sosial, seperti PSMTI, karena PSMTI tidak berpolitik, meskipun ada anggota dan pengurus PSMTI yang aktif di partai politik dan tersebar di berbagai parpol," jelasnya.

BACA JUGA:Ada Potensi Caleg Ganda, KPU Segera Verifikasi Administrasi dan Analisis

Selain itu, lanjutnya, PSMTI bukan organisasi politik; sehingga dukungan bagi sosok bakal capres atau kandidat tertentu bukan tujuan dari PSMTI. 

Oleh karena itu, PSMTI sebagai organisasi kemasyarakatan tidak mungkin menjadi partisan politik.

"Kami isinya beragam, ada dari PKB, ada dari Demokrat, Golkar, PDIP, ada dari berbagai macam partai ada di dalam PSMTI; sehingga tidak mungkin PSMTI memilih untuk menjadi bagian dari para partisannya," kata Ardy.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: