4 Pekerja BTS yang Disandera KKB Berhasil Dievakuasi ke Oksibil Pegunungan Bintang

4 Pekerja BTS yang Disandera KKB Berhasil Dievakuasi ke Oksibil Pegunungan Bintang

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Mohamad Dafi Bastomi didampingi Satgas Damai Cartenz 2023 menjenguk kondisi pekerja proyek BTS PT IBS yang telah dievakuasi dari Distrik Okbab ke Distrik Oksibil untuk mendapatkan perawatan medis, Senin (15/5/2023). --

4 Pekerja BTS yang Disandera KKB Berhasil Dievakuasi ke Oksibil Pegunungan Bintang

Empat pekerja proyek BTS PT Inti Bangun Sejahtera (IBS) korban penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) telah dievakuasi.

Para pekerja tower ini dievakuasi dari distrik Okbab ke Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Senin 15 Mei 2023.

Proses evakuasi dan penjemputan empat korban tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Mohamad Dafi Bastomi dan Waka Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz Kombes Pol. Joko Sulistio. 

Sedikitnya, 50 personel gabungan terlibat dari Dansatgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 143/TWEJ Letkol Inf. Ari Ismoyo Timor, S.Hub.INT, Direktur PT IBS Pusat Makmur Jauhari, Pimpinan PT IBS Pusat, Pejabat Utama Polres Pegunungan Bintang, serta personel Operasi Damai Cartenz 2023.

BACA JUGA:Kabar Terbaru, Kapolda Papua: 4 Pekerja BTS yang Disandera KKB Papua Telah Dibebaskan

Tidak hanya itu, kata Bastomi, proses evakuasi turut dihadiri pula oleh Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, Assisten I Setda Pegunungan Bintang Nicolaus Urobmabin, Kepala Kampung Borban Obet Urwan serta Agus Uropka selaku tokoh masyarakat juga turut melakukan penjemputan.

"Penjemputan keempat karyawan tersebut menggunakan Pesawat PK-RBP Milik Tariku Aviation," kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Mohamad Dafi Bastomi, dalam keterangan tertulis Humas Polda Papua, Senin 15 Mei 2023.

Menurut Bastomi, pemulangan empat karyawan PT IBS korban penyanderaan dan penganiayaan tersebut terbantu berkat peran pemerintah daerah serta masyarakat setempat.

“Sekitar Pukul 09.30 WIT pagi tadi, dengan menggunakan Pesawat PK-RBP, tim gabungan bersama Wakil Bupati dan Assisten I Setda serta perwakilan tokoh masyarakat telah berhasil melakukan penjemputan keempat karyawan yang sebelumnya berada di Distrik Okbab dan telah tiba di Distrik Oksibil sekitar pukul 10.50 WIT,” ujarnya.

BACA JUGA:KKB Papua Sandera 4 Pekerja BTS Minta Tebusan Rp500 Juta

Adapun keempat karyawan yang dievakuasi tersebut, yakni atas nama Asmar dan Feryan Erlangga yang mengalami luka akibat benda tajam namun masih dalam keadaan sadar serta saudara Peas Kulka dan Senus Lepitalem dalam kondisi baik.

Setelah dievakuasi ke tempat yang aman, keempat korban saat berada di RSUD Oksibil untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

"Kami juga akan terus tingkatkan monitoring terkait situasi kamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang untuk mencegah terjadinya hal seperti demikian,” kata Bastomi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: