Survei SMRC Terbaru: Anies dan Prabowo Keok, Elektabilitas Ganjar Urutan Pertama

Survei SMRC Terbaru: Anies dan Prabowo Keok, Elektabilitas Ganjar Urutan Pertama

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan--diolah berbagai sumber

Survei SMRC Terbaru: Anies dan Prabowo Keok, Elektabilitas Ganjar Urutan Pertama 

Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru dimana elektabilitas Ganjar Pranowo melampaui Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) Pemilu 2024.

"Dalam simulasi tertutup itu, Ganjar menempati posisi pertama dengan elektabilitas 39,2 persen, Prabowo sebesar 32,1 persen dan Anies sebesar 19,7 persen," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani, Jumat 12 Mei 2023.

Ganjar Pranowo merupakan bakal capres yang telah diusung PDI Perjuangan dan PPP, Prabowo Subianto bersama Partai Gerindra dan PKB. Dan partai pendukung Anies Baswedan adalah Partai NasDem, Demokrat dan PKS.

"Dalam dua tahun terakhir, dari Mei 2021 ke Mei 2023, dukungan kepada Ganjar naik dari 25,5 persen menjadi 39,2 persen," ungkap Deni.

BACA JUGA:Elektabilitas Ridwan Kamil Melejit dalam Survei Cagub DKI Jakarta 2024

Sementara untuk periode yang sama, Prabowo cenderung stagnan dari 34,1 persen menjadi 32,1 persen, dan Anies cenderung menurun dari 23,5 persen menjadi 19,7 persen.

Deni mengungkapkan dukungan kepada Ganjar dalam sebulan terakhir terus menguat, setelah dideklarasikan sebagai capres oleh PDI Perjuangan.

"Elektabiltas Ganjar dari 33,2 persen di awal April 2023 menjadi 39,2 persen di awal Mei 2023, atau naik 6 persen," jelasnya.

Sementara untuk periode yang sama, dukungan pada Prabowo relatif stabil dari 31,5 persen menjadi 32,1 persen. Lalu, dukungan kepada Anies turun dari 24,2 persen menjadi 19,7 persen.

BACA JUGA:Rasis! Umar Bonte Sebut Anies Bukan Pribumi Asli Tidak Pantas Jadi Presiden: Sadar Diri!

SMRC menggelar survei pada 30 April hingga 7 Mei 2023. Adapun populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara multistage random sampling sebanyak 1.220 responden. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.020 atau 84 persen.

Sebanyak 1.020 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: